KPU dan Bawaslu Kepri deklarasi Pemilu 2024 damai

id KPU dan Bawaslu, Kepri, deklarasi Pemilu 2024, damai,Kampus UMRAH

KPU dan Bawaslu Kepri deklarasi Pemilu 2024 damai

Anggota KPU Provinsi Kepri Priyo Handoko menandatangani deklarasi Pemilu 2024 damai seusai Lomba Debat Pemilu Demokratis yang diselenggarakan Jurusan Ilmu Hukum Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji Tanjungpinang, Selasa (27-9-2022). ANTARA/Nikolas Panama

Tanjungpinang (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum dan Badan Pengawas Pemilu Provinsi Kepulauan Riau menggelar deklarasi Pemilu 2024 damai di halaman Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji (FISIP UMRAH) Kota Tanjungpinang, Selasa.

Deklarasi tersebut ditandai dengan penandatanganan kesepakatan oleh sejumlah perwakilan kampus di Kepri untuk bersama-sama menjaga Pemilu 2024 agar terlaksana secara tertib dan damai.

Mahasiswa dan dosen yang menandatangani kesepakatan Pemilu 2024 damai itu berasal dari UMRAH, Universitas Internasional Batam, Universitas Riau Kepulauan, Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Sultan Abdur Rahman, dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pembangunan.

Baca juga:
Pemprov Kepri sasar 70.000 KK terima BLT BBM

Tiga kabupaten di Kepri bertahan nihil kasus aktif COVID-19

"Mahasiswa dan dosen merupakan garda depan mengawal pelaksanaan demokrasi langsung pada Pemilu 2024 dan Pilkada 2024. Mereka tidak hanya sebagai pemilih produktif, tetapi juga memiliki kapasitas menjaga pesta demokrasi agar berjalan damai," kata anggota Bawaslu Provinsi Kepri Zulhadri Putra.

Menurut dia, salah satu program Bawaslu Kepri meningkatkan pengawasan yakni menggalang pihak kampus terlibat langsung dalam pengawasan pemilu.

"Kami berupaya meningkatkan pengawasan melalui program pengawasan partisipatif. Ini program untuk meningkatkan pengawasan sekaligus mencegah terjadi pelanggaran pemilu," ucapnya.

Anggota KPU Provinsi Kepri Priyo Handoko memberi apresiasi kepada UMRAH yang memfasilitasi deklarasi Pemilu 2024 damai setelah acara babak final Lomba Debat Pemilu Demokratis II 2022 di kampus itu.

"Dari lomba debat itu juga tampak mahasiswa yang menjadi peserta memiliki kemampuan dan pengetahuan pemilu yang luar biasa. Tentu ini tidak terlepas dari bimbingan para dosen," kata Priyo.

Pada kesempatan itu, Priyo berharap deklarasi Pemilu 2024 damai menjadi awal membangun komitmen bersama untuk melahirkan pesta demokrasi yang jujur, adil, dan profesional.

"Kami berharap kelompok akademisi memberi kontribusi dalam meningkatkan mutu pemilu di Kepri," tuturnya.

Ketua Penyelenggara Debat Pemilu Demokratis II 2022, Pery Rahendra Sucipta mengatakan bahwa deklarasi Pemilu 2024 damai merupakan bagian terpenting dalam sejarah kepemiluan di kampus.

"Dari sini kami terus mendorong agar mahasiswa dan dosen memberi kontribusi positif terhadap pemilihan," katanya.

Baca juga:
Pemprov Kepri optimistis kunjungan wisman 2022 capai satu juta orang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE