Pendaftar panwaslu kecamatan di Tanjungpinang penuhi kuota 30 persen perempuan

id panwaslu kecamatan

Pendaftar panwaslu kecamatan di Tanjungpinang  penuhi kuota 30 persen perempuan

Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Zaini. ANTARA/Ogen

Tanjungpinang (ANTARA) - Ketua Bawaslu Kota Tanjungpinang Zaini menyebut pendaftar calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan pada Pemilu 2024 sudah memenuhi keterwakilan perempuan 30 persen.

"Alhamdulillah, di setiap kecamatan sudah terpenuhi 30 persen keterwakilan perempuan," kata Zaini di Tanjungpinang, Kepulauan Riau (Kepri), Selasa.

Zaini mengapresiasi kaum perempuan yang telah mendaftar panwaslu kecamatan, mengingat selama ini keterlibatan perempuan dalam pengawasan pemilu masih rendah. Hal ini terjadi karena masih adanya kekhawatiran dari kaum perempuan itu sendiri dalam proses pesta demokrasi yang berlangsung.

"Perempuan tidak boleh apatis, harus melek politik. Bukan sekadar menyalurkan hak pilih untuk memilih wakil rakyat, melainkan juga mengawal agar proses pemilu tidak tercederai kecurangan dalam pemilu," ujar Zaini.

Ia menyebutkan jumlah pendaftar calon anggota panwaslu kecamatan hingga 26 September 2022 sebanyak 71 orang dengan perincian 45 orang laki-laki dan 26 orang perempuan.

Para pendaftar tersebar di empat kecamatan, yakni Kecamatan Tanjungpinang Timur 29 orang (17 laki-laki dan 12 perempuan), Kecamatan Tanjungpinang Barat 13 orang (8 laki-laki dan 5 perempuan), Kecamatan Tanjungpinang Kota 10 orang (7 laki-laki dan 3 perempuan), dan Kecamatan Bukit Bestari 19 orang meliputi 13 laki-laki dan 6 perempuan.

Ia optimistis jumlah pendaftar makin bertambah karena pendaftaran panwaslu kecamatan hingga 27 September pukul 17.00 WIB.

"Jika dihitung dari dua kali kebutuhan setiap kecamatan, sudah tercukupi dan melebihi. Kita melihat ada antusias yang tinggi dari masyarakat untuk bergabung sebagai panwaslu kecamatan, penyelenggara pemilu di tingkat kecamatan," ujar Zaini.

Setelah itu, kata dia, akan dilanjutkan dengan penelitian berkas pendaftaran calon anggota panwaslu kecamatan pada tanggal 28—30 September 2022, kemudian pengumuman hasil penelitian berkas administrasi calon anggota panwaslu kecamatan pada tanggal 12 Oktober 2022.

Masa tanggapan dan masukan masyarakat terhadap calon anggota panwaslu kecamatan mulai 12 hingga 18 Oktober 2022, kemudian tes tertulis CAT pada tanggal 14—16 September 2022, lalu tes wawancara pada tanggal 18—22 Oktober 2022.

Tahapan terakhir, yakni pengumuman hasil perekrutan 25 Oktober 2022, dan pelantikannya antara 26 dan 28 Oktober 2022.

Disebutkan pula bahwa ada 12 orang yang akan terpilih menjadi anggota panwaslu kecamatan untuk empat kecamatan, yang masing-masing kecamatan tiga orang.

"Semoga yang terpilih nanti adalah orang yang berintegritas, profesionalitas, mandiri, serta adil dan jujur dalam mengawal Pemilu 2024 yang demokratis dan berkualitas," demikian Zaini.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE