Lima destinasi pariwisata tempat nikah yang direkomendasikan Sandiaga Uno

id Sandiaga Uno,Nikah,Pernikahan,Destinasi Wisata,DWP Congress 2022

Lima destinasi pariwisata tempat nikah yang direkomendasikan Sandiaga Uno

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno saat memberikan keterangan dalam dalam Destination Wedding Planners (DWP) Congress 2022 di Bali International Convention Center, The Westin Nusa Dua, Bali, Rabu (28/9/2022). ANTARA/HO-Kemenparekraf

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno merekomendasikan lima lokasi yang masuk destinasi pariwisata super prioritas (DPSP) sebagai tempat pernikahan selain di Bali, yaitu Danau Toba Sumatera Utara, Borobudur Jawa Tengah, Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur, Mandalika Nusa Tenggara Barat, dan Likupang Sulawesi Utara.

"Ini adalah lima destinasi super prioritas di Indonesia yang bisa masuk ke dalam wedding list. Tentunya keindahan alam yang ditawarkan sangat mempesona," kata Sandiaga Uno dalam keterangan resmi di Jakarta, Kamis.

Dia meyakini industri pernikahan mampu menjadi lokomotif dalam pemulihan ekonomi di Indonesia dan di tingkat global, sehingga bisa membuka lapangan kerja baru dan berkualitas serta mewujudkan pariwisata inklusif serta berkelanjutan.

Berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, nilai industri pernikahan domestik mencapai lebih dari empat miliar dolar AS pada 2019. Angka itu meningkat 20-30 persen di 2020 sebelum akhirnya terhenti akibat pandemi COVID-19.

Industri pernikahan disebut dapat menghimpun antara 200-300 pekerja yang turut menyiapkan dan menyukseskan hajatan tersebut, seperti beragam subsektor ekonomi kreatif seperti fotografer, videografer, fesyen desainer, make up artist, makanan dan minuman, hingga suvenir.

"Selain itu, length of stay (lama tinggal) dari kunjungan untuk acara pernikahan lebih panjang yang berkisar lima-tujuh hari, serta memberikan multi efek bagi industri lain, seperti pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dan atraksi wisata," kata Sandiaga.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Sandi rekomendasikan lima destinasi super prioritas jadi tempat nikah

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE