Polres Karimun Tingkatkan Patroli Saat Takbiran

id takbiran, patroli, polres. karimun, kepulauan, riau

Karimun (ANTARA News) - Kepolisian Resor Karimun, Provinsi Kepulauan Riau akan meningkatkan patroli di jalan-jalan utama guna mencegah aksi ugal-ugalan pengendara sepeda motor saat pawai takbir malam Lebaran Idul Fitri 1431 Hijriah.

"Selain patroli, petugas juga kami tempatkan di setiap persimpangan guna mengamankan pawai takbir terhadap aksi ugal-ugalan," kata Kapolres Karimun AKBP Imam Santoso, di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Imam Santoso mengatakan, puluhan polisi lalu lintas sudah dipersiapkan yang dibantu dengan pengamanan Satuan Reserse Kriminal, Samapta dan Satuan Intelijen Keamanan.

"Pengamanan menerapkan sistem terbuka dan tertutup," katanya.

Pengamanan sistem terbuka bertujuan untuk menangani tindak kriminal dan kecelakaan lalu lintas. Sedangkan pengamanan tertutup berfungsi sebagai pendukung operasi Ketupat Seligi 2010.

"Pengamanan tertutup lebih ditekankan pada cegah dini tindak kriminal yang dapat mengancam ketertiban dan keamanan masyarakat," lanjut dia.

Dia menuturkan sistem pengamanan tersebut juga berlaku di Polsek-polsek yang tersebar di sembilan kecamatan, termasuk di pulau-pulau.

"Kami akan mengerahkan kekuatan secara maksimal. Namun, keberhasilan pengamanan tidak terlepas dari peran aktif masyarakat untuk sama-sama menjaga situasi agar tetap kondusif," tuturnya.

Perayaan malam Lebaran, menurut dia seyogianya tidak dirayakan dengan aksi ugal-ugalan atau membakar petasan.

"Pesta petasan dan aksi ugal-ugalan tidak selaras dengan tujuan ibadah Puasa. Seharusnya kemenangan yang diraih dengan berpuasa dirayakan dengan rasa syukur dan mengumandangkan takbir," ucapnya.

Dia optimistis pawai takbir dan perayaan Idul Fitri di Karimun berjalan aman dan lancar karena sampai ini belum ada indikasi gangguan keamanan di tengah-tengah masyarakat.

"Kami yakin situasi Karimun yang kondusif tetap terwujud dalam Lebaran tahun ini," ujarnya.***4***
(ANT-HAM/M027/Btm1)

   

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE