Bantuan untuk warga Gunung Semeru terkendala akses

id gubernur jatim,warga terdampak,semeru,akses pronojiwo

Bantuan untuk warga Gunung Semeru terkendala akses

Seorang warga memacu sepeda motornya saat awan panas guguran meluncur dari Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Minggu (4/12/2022). ANTARA/Hamka Agung Balya

Surabaya (ANTARA) - Bantuan logistik untuk warga terdampak awan panas guguran (APG) Gunung Semeru di Kecamatan Pronojiwo  terkendala akibat dua jembatan yang berada di daerah perbatasan Kabupaten Malang itu tertimbun abu vulkanik.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di Surabaya, Senin, mengatakan, pengiriman logistik dari arah Lumajang ke Pronojiwo harus memutar jauh melalui Kabupaten Probolinggo lewat Malang.

"Salah satu jembatan yang tertimbun abu vulkanik adalah Kalikajar. Tiga bulan lalu baru saya resmikan usai dibangun akibat bencana APG Gunung Semeru setahun silam," kata Khoffiah.

Satu lagi jembatan yang tertimbun abu vulkanik di Pronojiwo adalah "Geladak Perak".

Menurut Khofifah, abunya masih panas sehingga butuh waktu untuk membersihkannya agar dapat difungsikan kembali. Akibatnya akses lalu lintas dari Lumajang menuju Kabupaten Malang sementara harus memutar jauh melalui Probolinggo.

Kondisi ini, diakui Gubernur Khofifah, menyulitkan pengiriman bantuan dari arah Lumajang kepada korban terdampak di Pronojiwo.

"Pak Bupati Lumajang menyarankan kalau ada bantuan logistik atau tim tenaga kesehatan dari Pemprov Jawa Timur agar lebih banyak difokuskan ke Pronojiwo. Tetapi kebutuhan di Candipuro juga cukup banyak. Maka kami tetap membagi dua. Saya juga komunikasi dengan Bupati Malang untuk menyiagakan rumah sakit di Ampelgading yang terdekat dengan Pronojiwo," ujar dia.

Gubernur Khofifah mengatakan, bencana APG Gunung Semeru juga berdpak di Kecamatan Candipuro.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Bantuan logistik warga Semeru terkendala akses ke Pronojiwo

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE