Jamaah Calon Haji Karimun Ditepuk Tepung Tawar

id tepung, tawar, haji, karimun, harapan, mabrur, keselamatan, kepulauan, riau

Karimun (ANTARA News) - Jamaah calon haji Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau akan dilepas menuju Batam dengan prosesi adat Melayu, Tepuk Tepung Tawar, di kediaman bupati Taman Bunga, Tanjung Balai Karimun.

''Tepuk Tepung Tawar rutin diadakan setiap tahun untuk melepas jamaah calon haji,'' kata Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun Erman Zaruddin, di Tanjung Balai Karimun, Minggu 10 Oktiber 2010.

Dijadwalkan pada Selasa 12 Oktiber 2010 prosesi itu dilaksanakan Bupati Karimun Nurdin Basirun, kemudian oleh tokoh adat, unsur Muspida serta kerabat para calon haji.


Setiap calon haji, akan disandingkan di pelaminan seperti layaknya seorang pengantin.

Tokoh adat, para petinggi negeri serta sanak saudara satu persatu menabur beras kunyit dan menepuki tepung tawar pada telapak tangan para calon haji.

''Prosesi ini merupakan sebuah pengharapan agar jamaah calon haji, pulang dengan menyandang predikat haji mabrur,'' katanya.

Usai Tepuk Tepung Tawar yang diiringi doa selamat, jamaah yang berjumlah 148 orang diarak dengan kompang dan rebana menuju pelabuhan yang berjarak sekitar 100 meter dari kediaman bupati.

''Mereka dijadwalkan berangkat menuju Batam pada pukul 09.00 WIB dengan kapal carteran Mikonata,'' katanya.

Seluruh calon haji dalam keadaan sehat wal'afiat. Dia mengimbau para calon haji menjaga kesehatan karena akan berhadapan dengan cuaca yang jauh berbeda dengan Tanah Air.

 ''Kondisi cuaca di tanah suci yang berbeda dengan Indonesia membutuhkan stamina yang prima,'' tambahnya. (ANT-028/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE