Sungai Batu Busuk di Padang meluap akibatkan banjir bandang

id Bpbd,Padang,Sumbar,Bencana,Banjir,Banjir bandang,Sungai Batu Busuk Padang meluap,Sungai Batu Busuk meluap sebabkan banji

Sungai Batu Busuk di Padang meluap akibatkan banjir bandang

Petugas dari Basarnas Padang memberikan penanganan dan pertolongan di Batu Busuak, Lambung Bukit, Pauh, Padang, Senin (23/1) malam. ANTARA/HO-BASARNASPadang

Padang (ANTARA) - Aliran air Sungai Batu Busuk, Kelurahan Lambung Bukit, Pauh, Padang, Sumatera Barat meluap, mengakibatkan banjir bandang menggenangi lebih dari seratus rumah warga di pinggiran sungai.

"Sungai meluap akibat hujan yang mengguyur sejak Senin sore, saat ini tim sudah di lokasi untuk membantu penanganan warga," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Padang Endrizal di Padang, Senin malam.

Ia mengatakan luapan air sungai yang menyebabkan banjir bandang itu mulai terjadi menjelang Magrib sekitar pukul 18.00 WIB.

"Tim di lapangan terus memantau perkembangan dan bersiaga di lokasi untuk memberikan penanganan bagi warga yang butuh pertolongan," kata dia 

Ia menyebutkan sedikitnya 20  personel dikerahkan ke lokasi dengan dilengkapi alat bantu evakuasi.

"Jika kondisi genangannya terus meningkat dan tambah tinggi pada malam ini, petugas akan membantu proses evakuasi warga," kata dia 

Endrizal mengatakan, hingga Senin pukul 22.30 WIB pihaknya belum menerima laporan korban jiwa dalam kejadian.

Sementara itu, Kantor Pencarian dan Pertolongan atau biasa disebut Basarnas Padang juga ikut mengerahkan personel ke lokasi untuk membantu penanganan bencana dan evakuasi.

Basarnas Padang mengevakuasi 20 warga yang menjadi korban banjir bandang di Batu Busuk, Pauh pada Senin malam.

"Hingga pukul 22.00 WIB kami telah mengevakuasi sekitar dua puluh warga warga dari lokasi sebagai langkah pertolongan," kata Kepala Seksi Operasional Basarnas Padang Octavianto di Padang, Senin malam.

Ia mengatakan puluhan warga yang dievakuasi itu terdiri atas anak-anak, perempuan, serta lanjut usia (lansia).

Puluhan warga tersebut dievakuasi oleh petugas ke tempat aman yaitu Sekolah Dasar Negeri 19 Padang, sedangkan warga yang membutuhkan penanganan medis dibawa ke puskesmas setempat.

Selain Basarnas Padang, penanganan bencana di Batu Busuk, Pauh juga dilakukan oleh personel Badan BPBD, TNI, komunitas siaga bencana, dan lainnya.

 
Pewarta :
Editor: Yuniati Jannatun Naim
COPYRIGHT © ANTARA 2023

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE