BPPD catat banjir rob berdampak pada 13.018 orang di Pulau Bintan

id banjir rob bintan,banjir kepulauan riau,dampak banjir,banjir rob, bintan, kepulauan riau

BPPD catat banjir rob berdampak pada 13.018 orang di Pulau Bintan

Arsip Foto. Banjir rob melanda wilayah Kelurahan Kampung Bugis, Kecamatan Tanjungpinang Kota, Kota Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Rabu (25/1/2023). (ANTARA/Ogen)

Batam (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan bahwa banjir rob telah berdampak pada 13.018 orang di daerah pesisir Pulau Bintan, yang mencakup bagian wilayah Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan di Provinsi Kepulauan Riau.

"Saat ini jumlah korban yang terdata baru untuk Pulau Bintan (Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan), yaitu sebanyak 13.018 jiwa," kata Kepala BPBD Provinsi Kepulauan Riau Muhammad Hasbi saat dihubungi dari Kota Batam, Jumat.

Ia mengatakan bahwa petugas masih mendata dampak banjir di bagian wilayah Provinsi Kepulauan Riau yang lain, termasuk Kota Batam serta Kabupaten Karimun, Lingga, Anambas, dan Natuna.

"Besok (pendataan) kemungkinan sudah selesai," katanya.

Baca juga:
KPU Kepri permudah warga pesisir menggunakan hak suara pada Pemilu 2024

Dinas PUPRP sebut anggaran perbaikan gedung DPRD Kepri Rp7,2 miliar


Dia menyampaikan bahwa sejak Senin (23/1) hingga Kamis (24/1) banjir dan kondisi cuaca ekstrem seperti hujan lebat dan angin kencang terjadi di hampir seluruh bagian wilayah Kepulauan Riau.

"Banjir rob ini kan fenomena alam yang terjadi setiap tahun dan ini menjadi masalah yang harus kami dihadapi, untuk melakukan antisipasi agar dampaknya tidak terlalu besar," katanya.

Menurut dia, BPBD berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten dan kota dalam menangani dampak bencana banjir, termasuk menyiapkan tempat pengungsian dan menyalurkan bantuan bagi warga yang terdampak.

"Untuk logistik, kami sudah menyiapkan dari jauh-jauh hari, kepada petugas BPBD yang ada di kabupaten/kota untuk disalurkan kepada warga yang terdampak," katanya.
 

Baca juga:
Bawaslu Natuna libatkan pelajar sebagai kader pengawas partisipatif

KPU Batam perkirakan jumlahTPS Pemilu 2024 sebanyak 3.464

Bawaslu Kepri terima 31 mahasiswa magang program Merdeka Belajar

Polda Kepri terapkan program pembinaan tertib lalu lintas WNA


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Banjir rob berdampak pada 13.018 orang di Pulau Bintan

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE