Basarnas Natuna imbau warga patuhi peringatan BMKG

id Natuna, kepri, basarnas natuna, cuaca buruk laut natuna

Basarnas Natuna imbau warga patuhi peringatan BMKG

Petugas Basarnas Natuna melakukan persiapan di Pelabuhan Tanjung Payung, Penagi, Natuna, Kepri beberapa waktu lalu. (ANTARA/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Basarnas Natuna, Kepulauan Riau mengimbau warga dan pengguna jasa pelayaran yang melewati perairan dan Laut Natuna Utara mematuhi peringatan dini BMKG terkait angin kencang dan gelombang tinggi di kawasan setempat yang mencapai sembilan meter.

"Terkait 'warning' (peringatan) dari BMKG disampaikan kepada seluruh pengguna jasa pelayaran agar selalu berhati hati dan selalu mematuhi 'warning' yang dikeluarkan dari instansi resmi (BMKG, red.)," kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Natuna Mexianus Bekabel di Natuna, Sabtu.

Ia menyarankan mereka mematuhi, tidak melakukan pelayaran, dan meningkatkan kewaspadaan agar terhindar dari musibah akibat cuaca ekstrem yang sedang berlangsung di wilayah tersebut.

"Sehingga tidak terjadi kecelakaan ataupun kejadian yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta benda," katanya.

Ia mengatakan warga tetap waspada terkait dengan perubahan cuaca yang akan terjadi beberapa waktu ke depan.

"Semoga seluruh warga masyarakat dan nelayan dalam kondisi aman dan sehat selalu," ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Natuna Raja Darmika mengimbau nelayan tetap waspada atau tidak melakukan aktivitas di Laut Natuna Utara dalam kondisi cuaca ekstrem seperti saat ini.

"Khusus untuk para nelayan, waspada terkait informasi gelombang tinggi, kalaupun harus melaut, pastikan peralatan keselamatan dan peralatan komunikasi aman," kata dia.

Ia juga mengingatkan para nelayan untuk tidak melakukan aktivitas sendirian di laut selama cuaca ekstrem.

"Kemudian ke lokasi meluat jangan sendiri dan selalu memberi kabar ke keluarga, mudah-mudahan tidak terjadi kecelakaan laut lah," ujarnya.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE