Penebusan Barang Gadai di Karimun Meningkat

id penebusan, pegadaian, karimun, meningkat, idul, fitri

Karimun (ANTARA News) - Transaksi penebusan barang gadaian di Pegadaian Tanjung Balai Karimun, Kabupaten Karimun, selama bulan Puasa meningkat 30 persen dibandingkan hari biasa, kata Kepala Pegadaian Tanjung Balai Karimun, Deswizar.

"Nasabah yang menebus barang gadaian meningkat 30 persen dengan rata-rata 50 nasabah setiap hari," katanya di Kantor Pegadaian Tanjung Balai Karimun, Kamis.

Deswizar mengatakan, nilai transaksi dari penebusan barang gadai mencapai Rp500 juta hingga Rp600 juta per hari, meningkat dibandingkan hari biasa yang berkisar Rp350 juta hingga Rp450 juta.

"Jenis barang yang digadaikan pada umumnya perhiasan emas, namun ada juga yang menggadaikan sepeda motor," ucapnya.

Menurut dia, peningkatan penebusan barang gadaian sudah menjadi fenomena setiap bulan Puasa.

"Fenomena ini tidak hanya di Karimun, di kantor pegadaian di seluruh Indonesia juga demikian," katanya.

Penyebabnya, kata dia, karena nasabah membutuhkan barang yang telah mereka gadaikan untuk keperluan Lebaran.

"Warga dalam berlebaran membutuhkan sepeda motor sebagai sarana transportasi dan membutuhkan perhiasan untuk menghias diri. Selain itu, mereka juga baru mendapatkan uang dari gaji atau atau tunjangan hari raya," tuturnya.

Dia memperkirakan tingkat penebusan barang gadaian akan meningkat hingga Sabtu pekan ini karena pegawai negeri sipil menerima gaji.

Sedangkan jumlah nasabah yang menggadaikan barang, menurut dia justru mengalami penurunan dibandingkan hari biasa.

"Jumlah nasabah yang menggadaikan barang turun sekitar 10 persen dengan nilai transaksi per hari sekitar Rp150 juta," ujarnya.

Menurunnya jumlah nasabah yang menggadaikan barang saat Lebaran berbanding terbalik dengan masa penerimaan siswa baru atau sebelum puasa.

"Pada masa penerimaan siswa baru jumlah nasabah yang menggadaikan barang melonjak cukup besar. Begitu juga menjelang puasa juga meningkat terutama nasabah dari pedagang yang membutuhkan modal untuk membeli stok dagangan untuk Lebaran," tuturnya.

(ANT-RD/Y008/Btm1)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE