Haji - Embarkasi Batam Berangkatkan Kloter Terakhir

id Haji,Embarkasi, Batam, Berangkat,Kloter, Terakhir,bengkalis,siak,riau

Batam (ANTARA Kepri) - Embarkasi Hang Nadim Batam memberangkatkan kelompok terbang terakhir yang berisi seluruh jamaah calon haji dari Provinsi Riau, Senin.

"Kloter 16 merupakan kloter terakhir, kloter penuh jamaah calon haji asal Provinsi Riau," kata Sekretaris Panitia Pelaksana Ibadah Haji Embarkasi Hang Nadim Batam, Erizal Abdullah.

Selanjutnya, Embarkasi Hang Nadim Batam akan memberangkatkan jamaah calon haji campuran dari provinsi-provinsi, lalu Kalimantan Barat dan Kepulauan Riau.

Kloter 16 terdiri atas JCH Kabupaten Bengkalis dan Siak Provinsi Riau. Kloter yang diberangkatkan ke Madinah itu dilepas oleh Bupati Siak, Syamsuar  dan Bupati Bengkalis ,Herlian Saleh .

Seorang calon haji asal Kabupaten Siak membatalkan keberangkatannya ke Tanah Suci karena sakit di daerah.

"Terdapat 'open seat' (kursi tak terpakai, red)  satu orang pada kloter ini disebabkan sakit didaerah atas nama Jaswadi bin Amat Lasidi (53 tahun) berasal dari Kabupaten Siak," kata  Erizal Abdullah.

Selama di Makkah kloter 16 akan menempati pemondokan di wilayah Bakhutmah nomor maktab 52.

Sementara itu, Bupati Bengkalis Herlian Saleh dalam sambutannya mengatakan ibadah haji memerlukan kesiapan dua kesehatan, yaitu fisik dan mental.

"Menjalankan ibadah haji selama 40 hari memerlukan fisik yang kuat agar ibadah yang dilaksanakan berjalan dengan baik. Untuk itu disaat waktu makan tiba segeralah makan agar energi yang ada memberikaan kesehatan," kata Bupati.

Selain kesehatan fisik, jamaah juga perlu mempersiapkan kesehatan mental.

"Tidak jarang kita temui jamaah yang terganggu psikisnya sehingga tidak bisa berkonsentrasi untuk menjalankan rangkaian ibadahnya," kata Bupati.

Di tempat yang sama, Bupati Siak, Syamsuar, mengatakan jamaah harus membulatkan niat ibadah haji, ikhlas untuk menunaikan ibadah.

"Jamaah yang diberangkatkan ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah haji merupakan ibadah orang-orang pilihan, sebab banyak orang yang ingin menunaikan ibadah haji, tetapi belum dapat menunaikannya," kata Bupati.

Bupati Siak juga mengimbau seluruh jamaah menjaga kesehatan, menjaga kekompakan dan memperbanyak tawaqal dan sabar selama menjalankan ibadah haji.

(Y011/A011)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE