Badai Tropis Soala Filipina Sebabkan Kepri Kering

id Badai, Tropis, Soala, Filipina,kepri, Kering,cuaca,bmkg,batam,bintan,karimun,tanjungpinang,natuna,anambas,lingga,gelombang,laut

Batam (ANTARA Kepri) - Badai Tropis Saola di sebelah utara Filipina menyebabkan sebagian besar uap air di sekitarnya ditarik ke daerah itu, sehingga udara di wilayah Kepulauan Riau relatif kering, Rabu.

Petugas Forecaster Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam, Asri Pratiwi mengatakan udara yang relatif kering mengakibatkan pembentukan awan menjadi lebih sedikit.

"Sehingga cuaca diprakirakan cerah berawan hingga berawan," kata dia.

Kondisi itu, kata dia masih kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara, sedangkan untuk aktivitas kelautan dihimbau agar berhati-hati terhadap arus laut yang kuat terutama di wilayah Perairan Bintan, Anambas dan Natuna.

Secara detil, dia memprakirakan cuaca Kota Batam pada Rabu pagi berawan, siang hingga malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 31 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Batam, antara 25 sampai 32 derajat celcius dengan kelembapan 52 sampai 89 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan satu sampai dua meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Rabu pagi berawan dan siang hingga malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 33 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 59 sampai 92 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,7 sampai dua meter.

Di Karimun pada Rabu pagi hingga siang berawan dan malam cerah berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 25 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 67 sampai 93 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,7 sampai 1,5 meter.

Sementara cuaca di Lingga, pagi berawan dan siang hingga malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 32 kilometer per jam arah tenggara.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat celcius dengan kelembaban 62 sampai 90 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,6 sampai 2,5 meter.

Kabupaten Natuna pada Rabu pagi hingga malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 37 kilometer arah barat daya.

Suhu udara di Natuna antara 25 sampai 33 derajat celcius dengan kelembapan 60 sampai 89 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,8 sampai 2,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Rabu pagi berawan dan siang hingga malam cerah berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 kilometer arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 25 sampai 33 derajat celcius dengan kelembaban 69 sampai 89 persen, sedangkan ketinggian gelombang diperkirakan mencapai 1,8 sampai 2,5 meter. (Y011/M008)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE