Korea Berminat Danai Pembangunan Jembatan Batam-Bintan

id Korea,Pembangunan, Jembatan, Batam,Bintan,babin

Batam (ANTARA Kepri) - Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Kim Young Sun menyatakan Korea berminat mendanai pembangunan Jembatan Batam-Bintan (Babin) yang akan menghubungkan dua kawasan perdagangan bebas.

"Jembatan Babin sangat penting bagi perkembangan dua kawasan bebas perdagangan Batam dan Bintan. Korea sangat menaruh perhatian besar pada kawasan bebas Batam," kata dia sesaat setelah melakukan pertemuan dengan Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Mustofa Widjaja di Gedung Marketing BP Batam, Kamis.

Walau demikian, Duta Besar Korea menyatakan hingga saat ini belum membicarakan besaran dana yang akan digunakan untuk mendanai pembangunan tersebut.

"Pembicaraan belum sampai menyebut berapa anggaran yang akan digunakan. Namun secara bertahap akan dibahas dan akan dilakukan pembangunan," kata dia.

Ia mengatakan, pada awal 2013 akan menurunkan tim dari Korea untuk melakukan prastudi kelayakan pembangunan jembatan tersebut.

"Tim yang akan turun dari lembaga milik pemerintah Korea. Mereka akan berkunjung ke kawasan bebas Batam," kata Dubes.

Kepala BP Batam, Mustofa Widjaja mengatakan masih menawarkan pada pihak lain bila ada yang ingin turut membangun jembatan Babin.

"Kami masih membuka peluang bagi pihak lain untuk turut serta melakukan pembangunan. Bisa jadi Korea bukan satu-satunya penyandang dana pembangunan," kata dia.

Mustofa mengatakan, hingga saat ini belum ada kesepakatan tertulis antara Korea dan Indonesia dalam hal kerjasama pembangunan jembatan Babin.

"Kesepakatan tertulis belum ada," kata dia.

Rencananya, Jembatan Babin sepanjang 6,7 km akan menyambungkan Pulau Batam dan Bintan dan dua pulau yang terletak di antaranya Pulau Tanjungsauh dan Pulau Buau.

Kasubdit Humas dan Publikasi BP Batam, Ilham Eka Hartawan mengatakan selain rencana pembangunan Jembatan Batam-Bintan, Delegasi Korsel juga membahas teknologi tinggi dalam e-Government dan pengaturan sistem pembuangan air limbah yang ramah lingkungan di Batam.

"Mereka serius dan niatnya mengkaji pembangunan Jembatan Babin. Mereka sudah menyatakan minat, semoga setelah kunjungan ini akan terjadi kesepakatan. Untuk Waste Water Treatment sudah ada kesepakatan," kata dia.

Dalam kunjungan singkat ke Batam, delegasi Korsel membawa Direktur Korea International Cooperation Agency (Koica) Choi sung Ho, Direktur Economic Development Cooperation Fund (EDCF) Lee Woon Chang. (ANTARA)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE