Budhi Bhakti Batam Siapkan Ribuan Gaharu Raksasa

id Budhi, Bhakti, Batam, Siapkan, Ribuan, Gaharu, Raksasa

Budhi Bhakti Batam Siapkan Ribuan Gaharu Raksasa

Gaharu Raksasa (Foto: Joko Sulistyo)

Batam (ANTARA Kepri) - Vihara Budhi Bhakti Winsor Batam menyiapkan ribuan gaharu raksasa berukuran 2,5-3,5 meter yang akan dibakar saat perayaan Tahun Baru Imlek 2564 pada 10 Februari 2013.
           
"Gaharu raksasa ini merupakan sumbangan dari warga yang saat Imlek nanti ingin bersembahyang di sini. Termasuk warga Tionghoa dari Singapura, Malaysia dan negara-negara lain," kata seorang pengurus Vihara Budhi Bhakti, Aseng di Batam, Kamis.
           
Ia mengatakan, setiap tahun banyak warga Tionghoa dari luar negeri yang bersembahyang dan merayakan Imlek di vihara Budhi Bhakti.
           
"Di negara lain, membakar gaharu raksasa sudah dilarang. Jadi mereka menyumbangkan gaharu yang mereka beli untuk dibakar di Vihara ini," kata dia.
             
Aseng mengatakan, setiap orang menyumbang tiga buah gaharu berbagai ukuran dengan harga mulai 100 dolar -150 dolar Singapura.
            
"Mereka pesan pada pengrajin di Batam, selanjutnya diantar ke sini dan dibakar mulai saat Imlek nanti saat mereka datang untuk sembahyang," kata Aseng.
           
Selain membeli gaharu untuk dibakar saat imlek, kata dia, jamaah lain banyak yang membeli lampion untuk dipasar dalam vihara setelah ditulisi kaligrafi yang biasanya berupa permohonan dan doa.
          
"Oleh pemiliknya, setiap tahun lampion tersebut akan diganti dengan yang baru sesuai dengan harapan mereka pada tahun baru," kata dia.
          
Berbeda dengan Vihara Budhi Bhakti, Maha Vihara Duta Maitreya Batam Centre yang biasanya juga didatangi ribuan warga Tionghoa dari berbagai negara justru tidak melakukan persiapan berlebih.
         
Vihara Maitreya terbesar di ASEAN tersebut hanya memasang sejumlah lampion dan persiapan yang tidak begitu nampak.
       
Sementara itu, pada sejumlah ruas jalan di kawasan Jodoh-Nagoya Batam yang menjadi pusat perdagangan di Batam sudah nampak ribuan lampion.(*)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE