Pemkot Tanjungpinang Wacanakan Bangun Klinik Diabetes

id Pemkot, Tanjungpinang, Wacanakan, Bangun, Klinik, Diabetes

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, Kepulauan Riau mewacanakan pembangunan kilinik khusus bagi penderita diabetes guna lebih meningkatkan pelayanan.
       
"Sudah saatnya Tanjungpinang memiliki klinik diabetes terpadu agar pelayanan kesehatan bagi penderita lebih maksimal," kata Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dalam diskusi panel dengan mahasiswa Stikes Hang Tuah di RSUD Tanjungpinang, Kamis.
       
Lis mengatakan, dengan adanya klinik terpau tersebut penderita diabestes bisa berkurang karena beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup tinggi.
       
"Peningkatan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi penderita diabetes, diharapkan mampu menakan angka penderita diabetes itu sendiri," kata Lis.
       
Dari data yang diperoleh Stikes Hang Tuah Tanjungpinang, penderita diabetes di Tanjungpinang sebanyak 398 orang pada 2010 dan meningkat menjadi 560 orang atau 40 persen pada 2011. Selama 2012 juga mengalami peningkatan meski belum didapatkan angka pastinya.
       
Menurut panitia diskusi, Mely angka penderita yang mempunyai ketergantungan terhadap insulin juga naik menjadi peringkat ke lima dari penyakit terbesar di Tanjungpinang.
       
Bahkan menurut dia, sebanyak 12 orang rata-rata penderita diabetes harus diamputasi setiap tahunnya.
       
"Penghentian amputasi bisa dilakukan  bila dilakukan melalui perawatan yang baik dan benar," ujarnya.(*)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE