Kantor Pos Batam Datangi Pulau-Pulau Salurkan BLSM

id Kantor Pos Batam Datangi Pulau-Pulau Salurkan BLSM

Batam (Antara Kepri) - Kantor Pos Batam mendatangi pulau-pulau pesisir untuk menyalurkan dana Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM) kepada warga pesisir yang tinggal jauh dari Batam.

"Untuk yang tinggal di kepulauan, kami akan datangi. Kami mendekat sedekat mungkin, pembayaran di komunitas," kata Kepala Kantor Pos Batam Dodi Budiantono di Batam, Senin.

Kantor Pos akan memilih beberapa pulau yang ramai ditinggali penduduk untuk menjadi pusat pembagian BLSM. Cara itu untuk memudahkan masyarakat pesisir agar tidak menempuh perjalanan jauh ke pusat kota.

"Kami upayakan agar akses masyarakat lebih dekat dan murah," katanya.

Namun, hingga kini Kantor Pos belum menetapkan pulau-pulau yang menjadi tempat penyaluran dana BLSM.

Ia mengatakan penyaluran dana BLSM untuk warga pesisir dilakukan setelah bantuan itu selesai dibagikan di pulau utama sekitar pekan depan. "Kami akan jadwalkan ulang," kata dia.

Mengenai dana operasional tambahan untuk penyaluran dana BLSM ke pulau-pulau, ia enggan menjelaskan. "Masalah anggaran tidak menjadi soal, karena kewajiban Kantor Pos adalah menyalurkan dana BLSM," katanya.

Sementara itu, sebanyak 36.103 warga Batam akan menerima BLSM sebagai kompensasi kenaikan harga bahan bakar minyak pada beberapa waktu lalu. Wali Kota Batam Ahmad Dahlan mengatakan penerima BLSM sesuai data BPS yang sudah diklarifikasi oleh PNP2K.

Pemerintah meyakinkan penerima BLSM adalah warga miskin yang berhak menerima bantuan.

Dana itu disalurkan untuk 1.864 warga Belakang Padang, Sei Beduk 3.270 orang, Bulang 1.756 orang, Galang 2.166 orang, Sagulung 5.411 orang, dan Nongsa 2.109 orang.

Selanjutnya, Batam Kota 3.362 orang, Sekupang 2.855 orang, Batu Aji 3.821, Lubuk Baja 3.132 orang, Batu Ampar 3.068 orang dan Bengkong 3.289 orang.

Wali Kota mengatakan penyaluran dana BLSM merupakan komitmen pemerintah untuk membantu masyarakat setelah harga BBM naik. (Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE