Pemkot Pastikan Labuh Jangkar Tidak Rugikan Nelayan

id Pemkot Pastikan Labuh Jangkar Tidak Rugikan Nelayan

Batam (Antara Kepri) - Wali Kota Batam Ahmad Dahlan memastikan usaha labuh jangkar yang dilakukan Badan Usaha Pelabuhan, BUMD Batam di Perairan Pulau Nipa tidak merugikan nelayan yang mencari ikan di sekitar wilayah itu.
       
"Harus tetap perhatikan masalah nelayan. Tetap perhatikan aspek itu," kata Wali Kota Batam Ahmad Dahlan di Batam, Senin, mengomentari pernyataan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono yang meminta Perairan Nipa bersih dari kegiatan labuh jangkar.
       
Ia mengatakan BUP akan mengikuti peraturan dari Kementerian Perhubungan terkait perizinan wilayah yang boleh dijadikan labuh jangkar.
       
"(BUP-red) mengikuti aturan kementerian perhubungan, karena yang memiliki kewenangan menentukan zona 'lay up, ancorage' kementerian," kata Wali Kota.
       
Sebelumnya, nelayan Pulau Terung, Idris mengeluhkan usaha labuh jangkar yang dilakukan di sekitar Pulau Nipa karena mengurangi ikan hasil tangkapan nelayan,
  
"Kami mencari ikan di sana. Semenjak ada labuh jangkar, tangkapan kami berkurang," kata dia.
       
Ia meminta pemerintah bersikap bijaksana dengan memindahkan usaha labuh jangkar dari Perairan Pulau Nipa. "Di sana banyak ikan, ada tenggiri dan lain-lain. Sejak dahulu, kami mencari ikan di sana," kata dia.
       
Sementara, saat mengunjungi Pulau Nipa, Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono yang meminta Perairan Nipa bersih dari kegiatan labuh jangkar agar tidak merugikan nelayan.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE