Karimun-Siak Diskusikan Promosi Songket

id Karimun, Siak, Diskusikan, Promosi, Songket

Karimun-Siak Diskusikan Promosi Songket

Ilustrasi: Kain Songket (antaranews.com)

Karimun (Antara Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau dan Pemkab Siak, Riau mendiskusikan kerja sama untuk mempromosikan songket.
       
Sekretaris daerah Karimun   TS Arif Fadillah di Tanjung Balai Karimun, Minggu mengatakan, kerja sama dalam mempromosikan songket atau kain tenun Siak di Karimun yang berbatasan dengan Singapura dan Malaysia.
       
"Di Karimun, kain songket dibeli di Malaysia. Kalaupun ada songket Siak, itu dibeli dari Pekanbaru. Dengan kerja sama kedua belah pihak, songket Siak bisa dipromosikan di Karimun, tidak hanya untuk penduduk lokal, tetapi untuk wisatawan dari Malaysia dan Singapura," kata dia.
       
Arif menjelaskan, hasil pertemuan pihaknya dengan delegasi pemkab Siak yang melakukan kunjungan ke Tanjung Balai Karimun selama dua hari Jumat-Sabtu kemarin.
       
Menurut dia, Karimun dan Siak merupakan dua daerah yang sama-sama dimekarkan menjadi kabupaten pada 1999.
       
"Kerja sama yang konkrit belum ada, namun dalam kunjungan Pemkab Siak, kita sudah mendiskusikan ke arah sana," kata Arif.
       
Arif Fadillah mengatakan, jalinan kerja sama sangat terbuka demi kemajuan kedua daerah, misalnya dalam pembangunan infrastruktur, pariwisata maupun perdagangan.
       
"Siak sedang membangun jembatan, bukan tidak mungkin kita wujudkan pula di Karimun seperti membangun jembatan dari Tanjung Balai Karimun ke Pulau Parit," ucapnya.
       
Lebih lanjut Arif Fadillah mengatakan, kerja sama yang lebih konkrit kemungkinan akan dilaksanakan dalam kunjungan balasan Pemkab Karimun yang jadwalnya akan ditentukan kemudian.
       
"Pemkab Karimun mendukung adanya jalinan kerja sama dengan pemerintah kabupaten lain, tujuannya untuk sama-sama membangun dan memajukan daerah," kata dia.
       
Pemkab Siak dipimpin Wakil Bupati Alfedri menggelar kunjungan muhibah selama dua hari, sejak Jumat hingga Sabtu (2/11).
       
Rombongan menggelar sejumlah pertandingan olahraga dengan Pemkab Karimun, antara lain sepakbola, tenis dan futsal yang kemudian dilanjutkan dengan malam ramah tamah di kediaman dinas Bupati Karimun pada Sabtu malam.
       
Wakil Bupati Siak Alfedri mengatakan, kunjungan tersebut merupakan upaya untuk mempererat hubungan kedua kabupaten.
       
Ia juga mengatakan kerja sama yang baik dari kedua belah pihak cukup terbuka untuk mendorong pembangunan.
       
Hal yang sama juga dikatakan Bupati Karimun Nurdin Basirun. Ia mengatakan, kerja sama bisa dijalin dengan Pemkab Siak tidak hanya dalam pembangunan infrastruktur, tetapi bidang olahraga.
       
"Dua tim Karimun masuk Divisi III Zona Kepri. Nanti, akan kami bawa ke Siak yang timnya juga masuk Divisi, ini menjadi ajang uji coba bagi kesebelasan Karimun berkompetisi dengan kesebelasan lain," kata Nurdin.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE