12 Negara Ikuti "Nongsa" Bike Festival

id batam,Negara,wisata,Nongsa,Bike,Festival

Batam (Antara Kepri) - Sebanyak 150 pebalap dari 12 negara yang bermukim di Singapura mengikuti balap sepeda "Nongsa Bike Festival" yang diselenggarakan Syco Sport bekerja sama dengan Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Pesertanya merupakan ekspatriat dari 12 negara yang tinggal di Singapura," kata Kepala Bidang Sarana dan Objek Wisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam, Rudi Panjaitan, di Batam, Rabu.

Nongsa Bike Festival yang diselenggarakan pada 10 Februari 2014 itu merupakan "pemanasan" sebelum "Tour de Barelang" yang diselenggarakan pada Mei 2014.

Tur Nongsa Bike Festival akan dimulai dari Nongsa Pura, kemudian melalui Jalan Nongsa, Turi Beach, Polda, Nongsa Dam, Batam View dan kembali finis di Turi Beach.

"Ada delapan etape, totalnya 45 km," kata Rudi.

Pemkot Batam menargetkan acara itu dapat menyerap 1.000 orang wisatawan mancanegara yang berasal dari peserta, keluarga peserta, dan panitia.

Gavin Kremer dari Syco Sport mengatakan pihaknya memilih menyelenggarakan tur bersepeda di Batam karena ingin menyajikan nuansa dan pemandangan yang berbeda.

"Kami mengundang ekspatriat dari Inggris dan lainnya yang ada di Singapura untuk bersepeda sekaligus berwisata," kata dia.

Bersepeda tidak hanya untuk olahraga, kata dia, melainkan juga untuk berwisata karena perjalanan menggunakan sepeda menyuguhkan pemandangan indah.

Berbeda dengan "Tour de Barelang" yang menyajikan pemandangan pulau-pulau dan jembatan, maka Nongsa Bike Festival akan menyuguhkan keindahan pantai, hutan, dan perkampungan.

"Ini akan berbeda dari Tour de Barelang," kata dia.

Pemkot Batam menargetkan kunjungan wisman 2014 sebesar 1.312.000 orang naik lima persen dari target tahun lalu sebanyak 1.250.000 orang.

Ada berbagai kegiatan nasional yang dilaksanakan di kota itu sepanjang 2014 yang dianggap mampu menyedot perhatian wisman, di antaranya Nongsa Bike Festival, MTQ Nasional, Tour de Barelang dan pelatihan gabungan TNI AL yang diikuti 18 negara. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE