Pemkot Batam Larang Pesepeda Motor Pawai Takbiran

id Pemkot,Batam,Larang,sepeda,Motor,Pawai,Takbiran,lebaran,idul,fitri

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Batam, Kepulauan Riau, melarang pengguna sepeda motor dan mobil bak terbuka ikut pawai takbiran pada malam penghujung Ramadhan 1435 Hijriah.

"Pada pawai takbir tahun ini, tidak diperkenankan kendaraan roda dua ikut pawai. Selain itu mobil bak terbuka tanpa rumah-rumahan juga tak boleh ikut pawai," kata Kepala Bagian Humas Pemkot Batam Ardiwinata di Batam, Rabu.

Kebijakan itu ditetapkan demi keselamatan warga bersama. Mengingat dalam tahun-tahun sebelumnya, banyak kendaraan roda dua yang mengalami kecelakaan saat mengikuti pawai takbir.

Pawai Takbir akan diselenggarakan sehari menjelang Lebaran, mulai pukul 20.00 WIB di mulai dari depan Masjid Agung Batam, hingga ke Simpang Base Camp Batuaji.

Pemerintah juga menyelenggarakan lomba kendaraan hias yang diikuti perwakilan dari setiap kecamatan yang ada di Batam, termasuk kecamatan-kecamatan di pesisir dalam pawai itu.

"Selain kecamatan, instansi vertikal, perbankan dan lainnya juga akan ikut pawai," kata Ardi usai rapat persiapan jelang Lebaran.

Pemerintah, kata dia, menyiapkan hadiah pembinaan bagi peserta lomba yang menang.

Sementara itu, Pemkot memusatkan pelaksanaan Shalat Id di Dataran Engku Putri dengan imam Muslim Ahmad dan khatib Hamzah Johan dari Persatuan Mubalig Batam.

Jika hujan, maka shalat akan dialihkan ke Masjid Agung Batam yang lokasinya berdekatan dengan Dataran Engku Putri.

Usai Shalat Idul Fitri, Wali Kota Batam Ahmad Dahlan akan menggelar silaturahim untuk umum di Asrama Haji Batam, sedangkan Wakil Wali Kota Batam Rudi menyelenggarakan kegiatan serupa di kediaman Perumahan Rosdelle pukul 9.00 WIB.

"Wali Kota dan Wakil Wali Kota mengundang seluruh masyarakat Batam untuk hadir pada 'open house'," kata dia.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota akan menjamu seluruh  warga masyarakat Batam yang hadir dalam "open house". (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE