Tour de Kepri Tawarkan Bersepeda Lintas Pulau

id Tour,wisata,Kepri,sepeda,Lintas,Pulau,batam,tanjungpinang,bintan

Batam (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau bersama Pemkot Batam, Bintan dan Tanjungpinang menawarkan balap sepeda lintas pulau dalam Tour de Kepri yang akan diselenggarakan 25-26 Oktober 2014 dengan tema "Training Camp and Crossing Island".

"Balap sepeda itu terdiri dari empat etape dengan jarak tempuh total mencapai sekitar 300 meter. Sasaran utama kegiatan ini untuk memperkenalkan destinasi wisata di Kepri," kata Kepala Dinas Pariwisata Kota Batam Yusfa Hendri di Batam, Kamis.

Dalam balap sepeda yang ditawarkan kepada pebalap internasional itu, pesepeda akan mengayuh sepedanya mulai dari Pulau Batam ke beberapa pulau penyangga seperti Pulau Nipah, Pulau Tonton dan pulau-pulau kecil lainnya, lalu ke Pulau Bintan.

Pembalap yang semuanya datang dari Singapura itu akan memulai perjalanannya dari Pelabuhan Internasional Sekupang, begitu kapal dari Negara Jiran itu bersandar di Pulau Batam.

Dari Pelabuhan Internasional Sekupang, pesepeda diagendakan menjelajahi lima pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah dan Pulau Rempang, yang dihubungkan oleh empat rangkaian Jembatan Barelang sepanjang 60 km dari Sekupang.

Setelah dari Jembatan IV, pesepeda memutar balik menuju Jembatan I yang menghubungkan Pulau Batam dan Pulau Tonton untuk istirahat makan siang.

"Setelah itu dilanjutkan etape II, yaitu bersepeda dari Pantai Dendang Melayu di Jembatan I ke hotel di Harbour Bay sejauh 20 km," kata Yusfa.

Di Harbour Bay, peserta akan melakukan acara "International Training Camp", dan beristirahat di hotel di kawasan pelabuhan terpadu itu.

Setelah menginap semalam di Batam, pesepeda kemudian melanjutkan etape ke tiga dengan mengayuhkan sepeda dari Harbour Bay ke Pelabuhan Domestik Punggur sepanjang 30 km.

"Dari Pelabuhan Punggur, pesepeda akan menumpang kapal Roro ke Tanjunguban di Pulau Bintan," kata Yusfa.

Setibanya di Pulau Bintan, pesepeda melanjutkan etape terakhir dengan bersepeda menuju Gedung Daerah di Kota Tanjungpinang, dengan jarak tempuh lebih dari 100 meter.

Yusfa mengatakan pemerintah tidak menyiapkan hadiah khusus untu balap sepeda itu, karena merupakan pemanasan dari kegiatan serupa tahun depan. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE