Tropis Nuri Filipina Pengaruhi Cuaca Kepri

id Tropis,Nuri,Filipina,Pengaruh,Cuaca,gelombang,laut,Kepri

Batam (Antara Kepri) - Siklon tropis Nuri yang terjadi di perairan Filipina bagian timur menyebabkan adanya belokan angin di sekitar wilayah Provinsi Kepri sehingga terjadi penumpukan massa udara yang berpotensi membentuk awan-awan pada Rabu.

Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Hang Nadim Batam Agita Devi Prastiwi mengatakan pertumbuhan awan itu kemudian berkurang akibat terbentuknya daerah massa udara netral di wilayah Kepri.

"Sehingga cuaca esok hari diprakirakan berawan dan masih berpeluang hujan ringan," kata Agita.

Kondisi itu relatif kondusif untuk aktivitas transportasi darat dan udara. Sedangkan untuk transportasi laut diimbau berhati-hati dengan gelombang tinggi dan arus laut yang kencang di wilayah Natuna dan Anambas.

BMKG mencatat gelombang laut Natuna dan Anambas mencapai 2,5 meter dan arus laut mencapai 55 cm per setik.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Rabu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 36 kilometer perjam arah selatan.

Suhu udara di Batam antara 25 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembaban 58 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang di perairan Batam diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Rabu pagi hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer perjam arah tenggara.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 25 sampai 33 derajat Celcius dengan kelembaban 55 sampai 96 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Karimun pada Rabu pagi berawan hingga malam berawan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 34 kilometer per jam arah selatan.

Suhu udara di Karimun antara 25 sampai 34 derajat Celcius dengan kelembaban 53 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,5 sampai satu meter.

Cuaca di Lingga pada Rabu pagi berawan hingga malam berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 28 kilometer perjam arah selatan.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 62 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,5 sampai 1,3 meter.

Kabupaten Natuna pada Rabu pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 40 kilometer perjam arah barat daya.

Suhu udara di Natuna antara 23 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 72 sampai 98 persen. Dan gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai 2,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Rabu pagi berawan, siang berawan hujan ringan dan malam kembali berawan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 km per jam arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 25 sampai 32 derajat Celcius dengan kelembaban 65 sampai 92 persen. Gelombang laut diperkirakan 0,7 sampai 2,5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE