Menko Polhukam Puji Wagub Tangani Konflik TNI-Polri

id Menko,Polhukam,Puji,Wagub,Tangani,brimob,Konflik,batam,TNI,Polri

Batam (Antara Kepri) - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Tedjo Edhy Purdijatno memuji respons cepat Wakil Gubernur Kepulauan Riau Soerya Respationo dalam menyelesaikan konflik antara TNI dan Polri di Batam beberapa waktu lalu.

"Peran kepala daerah dalam hal ini Pak Soerya sebagai Wakil Gubernur harus kita apresiasi. Respons cepatnya sebagai penengah membuat situasi tidak semakin membesar," kata Tedjo dalam rapat koordinasi pengawasan daerah (Rakorwasda) di Jakarta, seperti dikutip dalam siaran pers yang diterima di Batam, Selasa.

Ia mengatakan, respons cepat wakil gubernur yang menangani langsung di tempat kejadian membuat situasi tidak semakin parah.

Kehadiran wakil gubernur saat kejadian itu juga dianggap mampu membuat masyarakat tenang.

"Tindakan ini berujung kepada penyelesaian konflik yang cukup cepat," kata dia.

Atas pengalaman itu, Menko Polhukam berharap setiap kepala daerah dapat bertindak cepat dalam menyelesaikan setiap permasalahan, sehingga masyarakat dapat merasakan kehadiran pemimpin sebenarnya yang mampu mengayomi dan melindungi masyarakat.

Mendapatkan pujian itu, Wakil Gubernur Kepri Soerya Respationo mengatakan hanya menginginkan masyarakat mendapatkan keamanan, bukan untuk mencari pujian atau sensasi.

Saat terjadi penyerangan terhadap Markas Komando Brigade Mobil Kepolisian Daerah Kepri, Wagub berada di dalamnya dan mencoba memediasi pihak yang bertikai.

Wagub menolak untuk keluar dari Mako Brimob demi keselamatan puluhan anggota Brimob yang berada di dalam Mako, di tengah hujan tembakan senjata api.

Wagub baru keluar dari Mako setelah ratusan masyarakat merangsek masuk ke halaman, dan suara tembakan ke Mako Brimob berhenti.

Sementara itu, hingga saat ini tim masih menyelidiki penyebab pertikaian yang mengakibatkan seorang anggota TNI AD meninggal akibat luka tembak. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE