Sekda Kepri Ingatkan PNS Netral Jelang Pilkada

id Sekda,Kepri,robert,PNS,pegawai,Netral,Pilkada,pemilihan,gubernur

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau (Sekda Kepri) Robert Iwan L memperingatkan bawahannya untuk bersikap netral menjelang pilkada, dan tetap melaksanakan tugas rutin secara maksimal.

"Jangan terlibat politik praktis, tetap jaga independensi sebagai PNS," kata Robert setelah rapat dengan Gubernur Kepri HM Sani di Gedung Daerah Tanjungpinang, Senin.

Dia mengatakan netralitas PNS harus dimulai dari diri sendiri. PNS jangan mau melibatkan diri atau pun digiring masuk ke dalam kelompok politik tertentu yang memiliki kepentingan terhadap pilkada.

"Kesadaran harus dimulai dari diri sendiri, jangan terjebak oleh kepentingan politik," ujarnya.

Dia mengemukakan PNS dilarang menggalang massa untuk kepentingan kelompok politik tertentu, ikut berkampanye dan mendukung salah seorang calon gubernur.

"Mereka (PNS) pasti memahami apa yang dilarang dan diperbolehkan dalam menghadapi pilkada," ujarnya.

Dia mengatakan PNS dapat dikenakan sanksi jika terbukti terlibat aktif dalam kelompok politik tertentu. Sanksi tegas itu seperti penurunan golongan hingga pemecatan.

"Pengawasan terhadap kinerja PNS sekarang semakin ketat. Kalau mau aman, jalankan tugas dengan baik, dan jangan berpolitik," katanya. 

Robert mengemukakan pelaksanaan Pilkada Kepri semakin dekat. Aparat pemerintah merupakan salah satu lumbung suara.

Sejumlah PNS juga memiliki pengaruh di tengah masyarakat, karena ketokohannya. Karena itu, mereka harus berhati-hati dalam menyikapi berbagai permasalahan menjelang pilkada, terutama permintaan dukungan dari kelompok tertentu.

"Jumlah PNS itu mencapai ribuan orang sehingga memengaruhi hasil pilkada," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE