PDAM Tirta Kepri: Waduk Gesek Diperluas

id pdam,tirta,kepri,waduk,gesek,diperluas

PDAM Tirta Kepri: Waduk Gesek Diperluas

Ilustrasi air bersih (Foto antaranews)

Kami utamakan pelayanan secara maksimal. Dapat kami pastikan jumlah pelanggan meningkat jika Waduk Kawal, Bintan sudah beroperasi
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kepri akan memperluas Waduk Gesek, Kabupaten Bintan untuk menambah cadangan air.
        
"Saat ini waduk seluas 20 hektare, dan akan dilebarkan tahun ini seluas 10-15 hektare. Perluasan waduk menggunakan anggaran dari pusat," kata Direktur PDAM Tirta Kepri Abdul Kholik Fadjawani di Tanjungpinang, Selasa.
       
Dia menambahkan perluasan waduk dilakukan tahun ini. Pengerjaan perluasan waduk dipastikan tidak mengganggu distribusi air ke rumah pelanggan.
        
"Waduk Gesek tetap beroperasi meski pengerjaan perluasan waduk dilakukan," ujarnya.
        
Khalik mengemukakan pengerukan lahan dilakukan di tanjung, yang berada di dekat waduk. Tanjung itu akan dirapikan, kemudian dibangun waduk sehingga cadangan air meningkat.
        
Saat ini cadangan air di waduk itu hanya mampu bertahan selama sebulan jika tidak terjadi hujan. Setelah waduk diperluas, lanjutnya cadangan air diharapkan meningkat hingga dua bulan.
        
"Kami berharap cadangan air mampu bertahan minimal selama dua bulan pada saat tidak terjadi hujan. Ini sebagai strategi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," katanya.
         
Khalik menjelaskan perluasan waduk tidak mempengaruhi instalasi pengolahan air. Kemampuan PDAM Tirta Kepri dalam mendistribusikan air ke rumah pelanggan tetap bertahan 100 liter per detik.
        
Namun jumlah pelanggan berpeluang meningkat jika tidak mengurangi pelayanan kepada pelanggan yang ada saat ini.
        
"Kami utamakan pelayanan secara maksimal. Dapat kami pastikan jumlah pelanggan meningkat jika Waduk Kawal, Bintan sudah beroperasi," katanya.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE