BMKG: Gempa Tektonik di Natuna Tidak Menimbulkan Tsunami

id BMKG,Gempa,Tektonik,Natuna,Tsunami

BMKG: Gempa Tektonik di Natuna Tidak Menimbulkan Tsunami

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (antaranews.com)

Kita minta kepada warga agar tetap tenang, sebab Natuna ini tidak termasuk daerah yang rawan gempa. Lakukanlah aktivitas sebagaimana biasa
Natuna (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Ranai, menjelaskan bahwa getaran yang terjadi pada, Kamis (25/6/) dinihari merupakan gempa tektonik dengan daya kecil dan tidak menimbulkan tsunami

"Gempa tersebut terjadi akibat penyesuaian kontur lapisan tanah atau pergeseran lapisan bawah tanah daratan Natuna dan tidak menimbulkan tsunami sebagaimana yang dikawatirkan warga," kata Prakirawan BMKG Ranai, Asrul, Kamis.

Gempa itu, terang dia, berskala dua hingga tiga Modified Mercally Intensity (MMI). Kejadian ini tidak akan terjadi berulang-ulang.

"Daerah Natuna berstruktur terdiri dari tanah podsolik merah kuning dari batuan yang tanah dasarnya mempunyai bahan granit, dan alluvial serta tanah organosol dan gley humus. Jadi tidak akan menimbulkan dampak yang besar, apalagi kalau dikaitkan dengan tsunami," kata dia.

Dia menegaskan, Natuna bukan merupakan bagian dari daerah yang temasuk dalam kategori rawan gempa. Namun demikian, Asrul mengaku akan terus memantau kejadian tadi.

"Kita minta kepada warga agar tetap tenang, sebab Natuna ini tidak termasuk daerah yang rawan gempa. Lakukanlah aktivitas sebagaimana biasa," terang dia.

Sebelumnya, Kamis (25/6) dini hari tadi, sekitar pukul 1.20 WIB sejumlah warga Kota Ranai, Kabupaten Natuna dikejutkan getaran yang diduga gempa dengan durasi sekitar 4 detik. Sebagian warga yang merasakan hal tersebut ada yang lari keluar rumah untuk menghindari hal tang tak diinginkan.

Getaran tersebut terasa aneh oleh sebagian warga Natuna hingga radius 10 KM, sebab selama ini wilayah Natuna jarang sekali terjadi hal-hal yang seperti itu. Ditambah lagi wilayah Natuna lebih luas lautnya di bandingkan daratan.

Beragam praduga masyarakat,  ada yang menduga hal gempat itu akibat dari adanya kekuatan ghaib dan ada juga yang menduga karena getaran yang diledakkan oleh para pencari ikan dengan menggunakan bom. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE