Peresmian Bandara Letung Ditargetkan Akhir 2015

id Bandara,Letung,jemaja,resmi,anambas

Akhir tahun ini selambat-lambatnya Bandara Letung harus selesai kemungkinan akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan
Anambas (Antara Kepri) - Bandara Letung di Pulau Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas ditargetkan sudah diresmikan akhir tahun ini, kata Bupati Kepulauan Anambas T Mukhtaruddin.

"Akhir tahun ini selambat-lambatnya Bandara Letung harus selesai kemungkinan akan diresmikan oleh Menteri Perhubungan," katanya di Jemaja, Senin malam.

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas dalam kurun lima tahun ini, telah membangun tiga pulau besar,  yaitu Pulau Siantan, Pulau Palmatak dan Pulau Jemaja.

"Dan tidak ketinggalan juga Air Asuk dan Bajau," katanya.

Untuk pembangunan di Pulau Jemaja, dia menjelaskan, salah satunya adalah pembangunan Bandara Letung yang terletak di Desa Bukit Padi Kecamatan Jemaja.

Panjang landasan pacu Bandara Letung yang semula direncanakan 600 meter, akan diperpanjang menjadi 1.200 meter yang harus selesai pada akhir tahun ini.
 
Dijelaskannya, bandara tersebut nantinya sangat membantu membuka akses ke Kepulauan Anambas ini, di mana selain untuk meningkatkan perekomonian masyarakat, dan sebagai bandara komersial dan pengamanan daerah perbatasan.

Sesuai kesepakatan antara Pemkab Anambas dan Kementerian Perhubungan, bahwa pembangunan yang dibiayai APBD Kepulauan Anambas dan APBN, dari Rp250 miliar, Rp175 miliar dari Kementerian Perhubungan dan sekarang mungkin sudah lebih dari perjanjian.

Pembangunan Bandara Jemaja sebelumnya terbagi dalam dua tahap. Selain sisi udara yang pembangunannya dilakukan pemerintah pusat, pembangunan sisi darat seperti terminal penumpang, terminal VIP, terminal kargo, area parkir, menara pengawas, dan lain sebagainya juga dikerjakan bersumber dari APBD Kepulauan Anambas dan "sharing" dengan APBD Provinsi Kepri. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE