TNI AL Tenggelamkan Lima Kapal Asing di Natuna

id TNI,AL,lanal,Tenggelam,Kapal,Asing,Natuna,curi,ikan

TNI AL Tenggelamkan Lima Kapal Asing di Natuna

Lima kapal asing ditenggelamkan Lanal Ranai di Sabang Mawang Pulau Tiga, Kabuaoten Natuna dengan meledakkan menggunakan detenator. (antarakepri.com/Zam Jambak)

Hari ini, kita musnahkan dengan cara ditenggelamkan dan diledakkan dengan detonator
Natuna (Antara Kepri) - Pangkalan TNI AL (Lanal) Ranai, Selasa (18/8) pukul 10.00 WIB di laut Sabang Mawang, Kecamatan Pulau Tiga, Kabupaten Natuna, menenggelamkan 5 kapal asing dengan cara diledakkan pakai detonator.

Kelima kapal asing tersebut dua milik nelayan Vietnam, KM Sinar Petromak 471 dan 474. Tiga lagi nelayan Thailand, KM Sudita, Camar Laut dan KM Thindomina.

Komandan Lanal (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut Arief Badrudin di atas KRI Alamang mengatakan, kelima kapal asing ini merupakan tangkapan pada 2014 dan 2015.

Setelah ditangkap, terang dia, kelima kapal ini diserahkan ke Kejaksaan Negeri Ranai untuk disidangkan di Pengadilan Negeri Ranai. Karena sudah berkekuatan hukum tetap (Inkracht), maka hari ini di musnahkan dengan cara meledakan dan menenggelamkannya.

"Hari ini, kita musnahkan dengan cara ditenggelamkan dan diledakkan dengan detonator," kata dia.

Sampai sekarang, terang dia, sudah 22 kapal nelayan asing yang ditenggelamkan di perairan Natuna, karena menangkap ikan tanpa izin.

Lanal Ranai, kata dia lagi, akan tetap mengawasi perairan Natuna dengan meningkatkan patroli minimal 2 kapal perhari.

Sementara itu, Camat Pulau Tiga, Tabrani ketika dimintai tanggapannya terkait penenggelaman kapal asing ini mengatakan, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Natuna, memberikan apresisasi yang tinggi, sebab, imbas dari tindakan tegas aparat ini, pencuri ikan di laut Pulau Tiga dan sekitarnya menurun drastis.

"Kami memberikan apresiasi yang tinggi kepada penegak hukum, imbas dari tindakan ini, pencurian ikan di sekitar Pulau tiga dan sekitarnya menurun. Biasanya kapal asing tersebut banyak dijumpai di Pulau Tiga ini, namun semenjak patroli laut ditingkatkan, sudah tampak menurun, walau masih ada satu atau dua kapal," kata dia.

Ikut menyaksikan penenggelaman kapal asing ini, Asisten II Setda Natuna, Izwar Asfawi, Ketua DPRD, Yusripandi, Kejaksaan Negeri Ranai yang diwakili jaksa penyidik dan eksekutor, M. Kadafi, Ketua Pengadilan Negeri Ranai, serta camat dan semua Kepala Desa Kecamatan Pulau Tiga. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE