BMKG Prediksi Tanjungpinang Kering Sampai November

id BMKG,cuaca,Prediksi,Tanjungpinang,Kering,November

Tanjungpinang (Antara Kepri) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika memprediksi Kota Tanjungpinang, Ibu Kota Kepulauan Riau, mengalami kondisi kering hingga akhir November 2015.

"Sampai sekarang belum terlihat ada potensi hujan di Tanjungpinang. Kami prediksi kondisi kering ini terjadi hingga akhir November 2015," kata Kepala BMKG Tanjungpinang Dhira Utama di Tanjungpinang, Rabu.

Dia menambahkan cuaca di Tanjungpinang berawan, dengan suhu udara 24-34 derajat celcius. Hujan tidak membasahi Kota Tanjungpinang sejak sebelum Idul Fitri.

Sementara saat puasa hanya beberapa kali terjadi hujan. Hal itu yang menyebabkan sumber air bersih warga di Sei Pulai menyusut hingga minus 53 CM.

Bahkan banyak sumur milik warga mulai kering.

"Kami imbau masyarakat mulai berhemat menggunakan air," ujarnya.

Dhira mengemukakan musim kering pada tahun ini lebih panjang dibanding tahun sebelumnya. Kondisi cuaca di Tanjungpinang ini dipengaruhi badai tropis yang terjadi di Filipina.

"Kalau pengaruh fenomena El Nino hanya kecil," tuturnya.

Sementara tinggi gelombang laut di perairan Tanjungpinang saat ini 0,5-1,3 meter, Batam 0,8-2 meter,Bintan 0,8-2 meter, Natuna dan Anambas 0,5-3 meter, Lingga 1-2 meter dan Karimun 0,5-1,3 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE