BP Batam Gelar Pelatihan Pengamanan Informasi-Naskah Rahasia

id BP,Batam,Pelatihan,Pengamanan,Informasi,sandi,Naskah,Rahasia

Pelatihan ini sebagai upaya untuk mewujudkan kerapian, keserasian, ketertiban serta keseragaman dalam penyusunan, prosedur, dan mekanisme pengurusan dokumen atau surat rahasia yang berlaku di BP Batam
Batam (Antara Kepri) - Badan Pengusahaan (BP) Batam melatih sejumlah pejabat di lingkungan kerjanya mengenai sistem keamanan informasi dan tata naskah dinas rahasia.

Peserta pelatihan itu minimal eselon IVan BP Batam, serta staf pengelola persuratan tata naskah dinas, demikian rilis di Batam, Selasa.

"Pelatihan ini sebagai upaya untuk mewujudkan kerapian, keserasian, ketertiban serta keseragaman dalam penyusunan, prosedur, dan mekanisme pengurusan dokumen atau surat rahasia yang berlaku di BP Batam," Wakil Kepala BP Batam, Jon Arizal.

Selain itu, kegiatan dialaksanakan guna mendukung kelancaran komunikasi tulis yang bersifat resmi, baik intern maupun dengan instansi lain dalam penyelenggaraan tugas dan fungsi BP Batam secara efektif dan efisien.

Pembukaan acara tersebut juga dihadiri oleh Kepala Biro Umum dan Sekretariat, Teuku M Rizasyah dan Kepala Biro Perencanaan Teknik, Imam Bachroni.

Jon menyampaikan keamanan informasi persuratan BP Batam yang berbasis IT penting untuk dipahami seluruh pegawai BP Batam mulai dari pejabat eselon II hingga staf di unit-unit kerja BP Batam.

"Sebagaimana kita ketahui bahwa kompleksitas informasi, pekerjaan dan sektor kegiatan yang selalu berkembang. Tidak hanya kita melakukan tata naskah dengan tertib dan prosedural, namun ada tata naskah dinas rahasia yang harus dijaga," kata Jon.

Sementara itu dari Lembaga Sandi Negara Republik Indonesia yang juga bertindak selaku narasumber, Kasubdit Akreditasi dan Sertifikasi, Direktorat Pembinaan Persandian, Ary Sumyarso Bramono, menyampaikan bahwa penting bagi sebuah instansi memindai informasi-informasi strategis yang wajib ditutup dan dilindungi bersama sesuai dengan dasar peraturan yang ada.

"Ancaman yang tidak kita sadari adalah informasi yang strategis dan semestinya dilindungi terkadang justru menjadi terbuka dan terekspos. Semoga acara ini dapat memberikan kesadaran bagi kita bahwa kita bertugas melestarikan apa yang seharusnya kita jagan," kata dia.

Narasumber yang juga mengisi materi "in house training" adalah Kepala Pusat PDSI BP Batam, Yuda Gunadi dan Kepala Seksi Pengembangan Sumber Daya Manusia Sandi, LSN, Lukman Nul Hakim.

Adapun materi yang disampaikan adalah keamanan informasi secara umum dan kiat bagaimana membangun kesadaran keamanan informasi berbasis TIK serta sistem perlindungan arsip dan keamanan akses.

Materi pembelajaran mencakup segala hal dan pendekatan dalam rangka membangun kesadaran keamanan informasi khususnya keamanan informasi berbasis TIK di lingkungan BP Batam dan sistem perlindungan arsip dan kemanan akses dengan menyertakan simulasi pengelolaan. (Antara)

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar