Rute Singgah Sabuk Nusantara ke Kelarik Dihentikan

id Rute,Singgah,Sabuk,Nusantara,Kelarik,pelni,kapal,perintis,ranai,natuna,Dihentikan

Karena Kelarik masih satu daratan dengan Ranai yang juga memiliki pelabuhan singgah. Sehingga mulai 2016 mendatang, KM Sabuk Nusantara 30 dan 39 hanya bersandar di pelabuhan Ranai
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Rute singgah KM Sabuk Nusantara 30 dan 39 ke Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara Kabupaten Natuna akan dihentikan pada 2016 mendatang.

"Karena Kelarik masih satu daratan dengan Ranai yang juga memiliki pelabuhan singgah. Sehingga mulai 2016 mendatang, KM Sabuk Nusantara 30 dan 39 hanya bersandar di pelabuhan Ranai," ujar Kepala  PT Pelayaran Nasional Lautan Kumala Cabang Tanjungpinang, Filius Sonjaya, Jumat.

Oleh sebab itu, penumpang dari Kelarik bisa menggunakan pelabuhan Ranai atau Sedanau untuk berangkat bersama KM Sabuk Nusantara 30 maupun 39.

Menurutnya, pengurangan pelabuhan singgah KM Sabuk Nusantara 30 dan 39 di Kepri ini berdasarkan hasil Rakornas dan evaluasi untuk pelayaran di 2016 mendatang.

"Kurangnya titik labuh KM Sabuk Nusantara 30 dan 39,  otomatis rute pelayaran kapal tersebut ke Kelarik turut dihapuskan," ujar operator perintis tersebut.

Jika pada 2015 trayek KM Sabuk Nusantara 30 dimulai dari Tanjungpinang-Kuala Maras-Tarempa-Midai-Pulau Tiga-Sedanau-Kelarik-Pulau Laut-Ranai-Subi-Serasan-Sintete-Tambelan-Tanjungpinang.

Maka untuk 2016, trayek KM Sabuk Nusantara 30 dimulai dari Tanjungpinang-Kuala Maras-Tarempa-Midai-Pulau Tiga-Sedanau-Pulau Laut-Ranai-Subi-Serasan-Sintete (Kalbar) -Tambelan-Tanjungpinang.

"Rute yang sama juga terjadi pada KM Sabuk Nusantara 39 untuk 2016 bertolak dari Kijang-Tambelan-Pontianak(Kalbar)-Serasan-Subi-Ranai-Pulau Laut-Sedanau-Pulau Tiga-Midai-Tarempa-Kuala Maras-Kijang,"paparnya.

Selain itu, satu trip pelayaran KM Sabuk Nusantara 30 yang berangkat dari Tanjungpinang dipersingkat dari 11 hari menjadi 10 hari.

"Kecepatan KM Sabuk Nusantara 30 juga telah ditingkatkan dari 7 knot per mil menjadi 9 knot per mil," ujarnya.

Sementara untuk KM Sabuk Nusantara 39 yang bertolak dari Kijang dengan kecepatan 10knot per mil, satu trip pelayarannya masih memakan waktu 11 hari.

Dengan waktu trip yang semakin singkat dan kecepatan kapal yang sudah ditambah, menurutnya KM Sabuk Nusantara 30 dan 39 siap beroperasi pada awal 2016 mendatang. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE