Lomba Lari HPI Diharapkan Dorong Pariwisata Karimun

id Lomba,lari,hpi,hari,kepabeanan,internasional,bc,bea,cukai,kepri,karimun,pariwisata

Karimun (Antara Kepri) - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai Khusus Kepulauan Riau, Parjiya mengharapkan Lomba Lari Hari Kepabeanan Internasional (HPI) ke-64 mendorong kemajuan sektor pariwisata di Kabupaten Karimun.

"Kegiatan tahunan yang sudah digelar empat kali ini diharapkan menjadi ajang promosi pariwisata Karimun, baik di tingkat nasional maupun internasional," kata dia saat melepas seribuan peserta Lomba Lari HPI ke-64 di kawasan "Coastal Area" Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Parjiya mengatakan salah satu upaya menjadikan kegiatan tersebut ajang promosi pariwisata, pihaknya sengaja mengundang penyanyi pop legendaris Eddy Silitonga, untuk memeriahkan kegiatan olahraga tersebut.

Eddy Silitonga yang datang bersama tiga anaknya didaulat untuk menyanyikan lagu-lagu lawasnya menghibur para peserta dan warga masyarakat yang menyaksikan kegiatan tersebut.

Selain itu, pihaknya juga mengundang sejumlah atlet nasional untuk berpartisipasi sekaligus untuk memotivasi pelari lokal untuk memacu prestasi dalam cabang olahraga atletik tersebut.

"Kegiatan ini juga menjadi wahana bagi kami untuk meningkatkan semangat bertugas, bersinergi dengan institusi terkait lain dalam mengamankan perairan perbatasan dari tindak pidan penyelundupan," kata dia.

Ia menjelaskan, lomba lari tersebut diikuti 1.646 pelari, baik pelari nasional, mancanegara maupun dari berbagai kalangan masyarakat, mulai dari pegawai, pelajar dan kelompok organisasi dan profesi lainnya.

Lari HPI ke-64 memperlombakan 8 kategori, yaitu kategori elite 10 kilometer putra-putri, umum 10 km putra-putri, umum 10 km pelajar SMP dan SMA putra-putri, 10 km pria khusus pegawai BC, dan 5 km khusus pegawai BC.

Panitia menyediakan hadiah utama sepeda motor dan uang tunai puluhan juta rupiah yang diserahkan kepada para pemenang yang disaksikan Bupati Karimun Aunur Rafiq dan Wakil Gubernur Kepri terpilih Nurdin Basirun dan pejabat daerah lainnya.

Bupati Karimun Aunur Rafiq yang hadir dalam kegiatan tersebut mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan Kanwil Ditjen BC Khusus Kepri karena dapat berdampak positif bagi sektor pariwisata dan perekonomian masyarakat.

Kanwil Ditjen BC Khusus Kepri yang berkantor di Kecamatan Meral, menurut dia, telah memberikan kontribusi yang besar bagi Kabupaten Karimun, salah satunya dengan menggelar berbagai kegiatan sosial dan kemasyarakat, termasuk juga kegiatan olahraga.

"Kami harapkan kegiatan ini disejalankan dengan kegiatan-kegiatan kepariwisataan lain di tahun mendatang, seperti kesenian dan lainnya. Tujuannya untuk mempromosikan pariwisata Karimun," kata dia. (Antara)

Editor: Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE