Warga Natuna Banyak Idap Diabetes

id Warga Natuna Banyak Idap Diabetes

Pemicu diabetes di Natuna selain karena faktor keturunan juga pola hidup yang kurang sehat dimana kebanyakan masyarakat sehari-harinya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.
Natuna (Antara Kepri) - Meski mengaku tidak mengetahui persentasi penderita diabetes di Natuna, namun menurut Kabid Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna, Hikmat Aliansyah, diabetes termasuk penyakit yang banyak diderita oleh masyarakat didaerah ini disamping hipertensi dan  penyakit lainnya.

Menurut dia, pemicu diabetes di Natuna selain karena faktor keturunan juga pola hidup yang kurang sehat dimana kebanyakan masyarakat sehari-harinya mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat dan gula.

"Kami memang belum mendapatkan laporan mengenai data pastinya. Namun dari laporan Rikesda (Pemeriksaan Kesehatan Daerah)tahun 2014, diabetes memang termasuk tinggi dan dapat menjadi pemicu penyakit lainnya seperti juga pemicu hipertensi," jelas Hikmat saat ditemui di Ranai, Kamis (14/4).

Sesuai dengan tema Hari Kesehatan dunia yang jatuh pada setiap tanggal 7 April ,untuk tangani atasi dan hindari penyakit diabetes, Dinkes Natuna menurut Hikmat juga melakukan sosialisasi dan pendataan penderita diabetes di Natuna.

Hal ini juga dilakukan mengingat kini penderita diabetes tidak hanya orang dewasa diatas usia 50-an. Tetapi juga menjelang usia 30 tahun.

"Diharapkan masyarakat dapat mencegah diabetes, dengan mulai mengatur pola hidup sehat. Saat ini pola makan 4 sehat 5 sempurna harus diubah guna menghindari diabetes. Hidup sehat akan menjauhkan dari berbagai macam penyakit termasuk diabetes," tutup Hikmat. (Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE