Kakanwil Kemenag Ingatkan Penceramah Gunakan Kalimat Santun

id Kakanwil,Kemenag,kepri,Penceramah,Kalimat,Santun,safari,ramadhan

Ulang kaji metode ceramah yang akan kita sampaikan. Materi pokoknya harus kandungan Alquran dan hadis. Sampaikan ayat-ayat Alquran dengan hikmah dan jangan sampai menimbulkan ketersinggungan
Batam (Antara Kepri) - Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau Marwin Jamal mengingatkan setiap penceramah untuk menggunakan kalimat yang santun saat berdakwah.

Marwin Jamal di Batam Kepulauan Riau, menyatakan penggunaan kalimat yang santun penting agar nilai-nilai yang disampaikan dapat diterima dengan baik dan tidak menyinggung.

"Ulang kaji metode ceramah yang akan kita sampaikan. Materi pokoknya harus kandungan Alquran dan hadis. Sampaikan ayat-ayat Alquran dengan hikmah dan jangan sampai menimbulkan ketersinggungan. Jangan ada kalimat-kalimat yang menggurui," katanya saat memberikan pembekalan kepada penceramah.

Marwin juga mengajak seluruh jajaran di Kanwil Kemenag Kepri untuk memanfaatkan Ramadhan sebagai ladang amal dengan mengisi majelis ilmu memberikan ceramah di seluruh masjid dan mushala dalam berbagai kesempatan.

"Ramadhan hendaknya dimanfaatkan untuk mensyiarkan Islam secara luas. Sampaikanlah olehmu walapun hanya satu ayat karena memang kita memiliki kewajiban dakwah. Bagi pegawai kita yang sudah terdaftar menjadi penceramah Ramadhan saya ingatkan untuk memenuhi kewajiban itu. Jangan Sampai tidak datang karena sudah pasti masyarakat akan kecewa," kata Marwin mengingatkan.

Ia memahami kesibukan pegawai Kanwil Kemenag, namun tetap meminta untuk meluangkan waktu bagi umat, terutama di Bulan Suci.

Di lingkungan Kanwil Kemenag sendiri, Marwin Jamal mewajibkan seluruh pegawainya untuk mengikuti tadarus setiap pagi dan mendengarkan kuliah tujuh menit setiap selesai Shalat Zuhur berjamaah.

Pemberi materi dalam kuliah tujuh menit itu berganti-ganti, sesuai dengan jadwal yang sudah diatur Kemenag.

"Selama Ramadhan meskipun kita sudah punya pekerjaan yang banyak, namun saya tetap mengimbau untuk meningkatkan amaliyah Ramadhan," ujar dia. (Antara)


Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE