BMKG Peringatkan Penurunan Jarak Pandang Kepri

id BMKG,Peringatkan,Penurunan,Jarak,Pandang,Kepri,angin,kencang,cuaca

Diimbau untuk berhati-hati terhadap penurunan jarak pandang dan angin kencang secara tiba-tiba apabila terdapat awan Cummulunibus yang berwana hitam dan pekat
Batam (Antara Kepri) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika Batam Kepulauan Riau memperingatkan kemungkinan terjadinya penurunan jarak pandang dan angin kencang yang datang tiba-tiba di wilayah itu pada Senin (31/10).

"Diimbau untuk berhati-hati terhadap penurunan jarak pandang dan angin kencang secara tiba-tiba apabila terdapat awan Cummulunibus yang berwana hitam dan pekat," kata prakirawan BMKG Batam Debora Trully di Batam, Minggu.

BMKG memprakirakan cuaca esok secara umum berawan dan berpeluang terjadi hujan  ringan  hingga sedang  yang  terkadang  disertai petir  dan angin kencang.  

Kelembaban diprakirakan tinggi di lapisan atas bersama banyaknya massa udara. Itu terjadi karena adanya pertemuan massa udara di wilayah Kepri, akibat daerah tekanan rendah di sekitar wilayah Thailand  mendukung pertumbuhan awan-awan.

Menurut dia, kondisi cuaca masih kondusif untuk aktivitas transportasi  darat, laut dan udara.

Secara detail, BMKG memprakirakan cuaca wilayah Kota Batam pada Senin pagi berawan, siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Batam antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembapan 66 sampai 95 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Batam diperkirakan 0,2 sampai 0,6 meter.

Cuaca di Kota Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan pada Senin pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara Tanjungpinang dan Kabupaten Bintan antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 69 sampai 98 persen, sedangkan gelombang laut di perairan Pulau Bintan diperkirakan 0,2 sampai 0,8 meter.

Karimun pada Senin pagi berawan, siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin mencapai lima sampai 36 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Karimun antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 69 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut di perairan Karimun diperkirakan 0,2 sampai 0,6 meter.

Cuaca di Lingga Senin pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 36 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Lingga antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 70 sampai 96 persen. Sedangkan gelombang laut diperkirakan 0,2 sampai 0,8 meter.

Kabupaten Natuna pada Senin pagi berawan dan siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 38 kilometer per jam arah barat daya.

Suhu udara di Natuna antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 78 sampai 98 persen. Dan gelombang laut diperkirakan 0,3 sampai 1,5 meter.

Sedangkan di Kabupaten Anambas, pada Senin pagi berawan, siang hingga malam berawan hujan ringan. Kecepatan angin diprakirakan lima sampai 35 km per jam arah selatan.

Suhu udara Anambas antara 24 sampai 31 derajat Celcius dengan kelembaban 68 sampai 94 persen. Sedangkan gelombang diperkirakan 0,3 sampai 1,5 meter. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE