Natuna Identifikasi Titik BMKT untuk Wisata Bahari

id BMKT, Dinas Pariwisata Natuna, Barang Antik, Tiongkok, Laut Natuna, objek wisata

Semuanya nanti akan dipetakan, ditentukan dengan titik koordinat sehingga benar-benar bisa menjadi tujuan wisata
Natuna (Antara Kepri) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Natuna akan mengidentifikasi titik kapal tenggelam untuk menambah destinasi wisata bahari.

Erson Gempa, Kadisparbud, meyakini Natuna memiliki banyak kapal tenggelam yang bisa dijadi objek wisata unggulan.

"Natuna memiliki banyak sekali situs kapal tenggalam berusia ratusan tahun, ini bisa menarik wisatawan, khususnya para wisman yang exersiting," ungkasnya.

Sudah menjadi rahasia umum Natuna menjadi sasaran para kolektor pemburu barang antik, terutama Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT.

Hal itu dimanfaatkan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Natuna agar menjadi ikon Natuna kedepan.

"Kapal purba yang ada di laut Natuna berasal dari berbagai negara dan dinasti. Usianya pun juga sangat varian, mulai yang berusia belasan abad hingga berusia kurang dari seabad," jelasnya.

Identifikasi titik kapal akan segera dilakuan untuk memastikan kembali kapal dan barang muatannya masih berada di lokasi.

"Semuanya nanti akan dipetakan, ditentukan dengan titik koordinat sehingga benar-benar bisa menjadi tujuan wisata," terangnya.

Erson memastikan nantinya objek tersebut akan tetap dirawat sedemikian rupa sehingga keaslian dan habitat yang ada di sekitarnya tetap terjaga.

Ini juga jadi fokus pemerintah pusat, keberadaan situs tersebut bisa mendatangkan manfaat tersendiri bagi daerah, tambahnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE