Ekonomi Kreatif Film Kepri Mampu Bersaing

id Ekonomi Kreatif, Film, Kepri, Mampu Bersaing

Alur cerita yang disampaikan para seneas Batam dalam Kenduri Film Kepri telah mampu mengugah penonton.
Batam (Antara Kepri) - Ekonomi kreatif di bidang perfilman yang dibuat seneas muda Batam akan mampu bersaing dengan kegiatan serupa baik tingkat naional maupun luar negeri.
"Kemampuan bersaing untuk membuat film, itu ada dan sudah terlihat melalui beberapa film pendek yang telah ditayangkan dalam Kenduri Film Kepri hari ini," ujar Kepala Dinas Pariwisata Batam Pebrialin disela nonton bersama Kenduri Film Kepri di Blitz Theater Kepri Mall Batam, Minggu.
Ia mengatakan, semangat kreatif yang ditunjukkan oleh anak-anak muda Batam melalui film membuatnya tertegun dan tak disangkanya bahwa dengan peralatan yang seadanya, teknologi sederhana serta tidak adanya pelatihan khusus ataupun latar belakang perfilman namun mereka mampu menyampaikan pesan dalam film.
Menurut dia, alur cerita yang disampaikan para seneas Batam dalam Kenduri Film Kepri telah mampu mengugah penonton.
"Dari empat film pendek yang ditayangkan tadi, kita melihat bagaimana reaksi penonton menanggapinya. Salut dengan para seneas muda Batam," katanya.
Pebrialin mengakui, kalau selama ini para seneas yang ikut dalam kegiatan film tersebut  hanya membuat film untuk disebarluaskan melalui media sosial kini ditayangkan di bioskop.
"Kelak film yang diproduksi oleh seneas Batam akan tampil tidak hanya di daerah sendiri tetapi secara nasional bahkan juga negeri jiran karena daerah kita ini berdekatan dengan Singapura dan Malaysia," katanya.
Keyakinannya itu karena film-film yang ditayangkan dalam kegiatan tersebut telah menampilkan tema cerita yang beragam dan dengan watak yang lahir secara alami.
"Saya yakin dari Batam akan muncul para seneas hebat. Teruslah berkarya," katanya.
Pebrialin juga mengungkapkan pihaknya akan mengelar Festival Film Pendek yang memberi kesempatan pada para seneas daerah ini untuk mengangkat cerita tentang pariwisata dan budaya tempatan.
"Festival film yang kami adakan untuk merangsang makin tumbuhnya minat seneas Batam," ujar Perbialin.
Sementara itu, Penanggungjawab Kenduri Film Kepri Sugiharto mengatakan,  empat film pendek yang ditayangkan dalam Kenduri Film Kepri merupakan karya seneas Batam.
"Biasanya teman-teman buat film hanya untuk disebarkan melalui instagram atau youtube, tapi kini dapat ditonton di layar lebar," ujar Sugi.
Empat film pendek yang ditayangkan dalam Kenduri Film Kepri yaitu, "Malam Minggu Ramlee" dengan sutradara Pajri,  "Panorama Hijrah" (Kiky Narsyarla),  "Karena Kau Wanita" (Tutus RK), dan ""Cemetery" (Je Yatmoko). (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE