Pemko Tanjungpinang Percantik Wajah Kota

id Pemko Tanjungpinang Percantik Wajah Kota

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah sejak 2014 sudah membuat skate gambar wajah kota dari pesisir
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Kota Tanjungpinang, berencana mempercantik wajah pesisir Kota Tanjungpinang dengan beragam objek pembaharuan.

Beberapa objek kerja mempercantik wajah kota tersebut diantaranya adalah mempercantik area pemukiman pesisir Pulau Penyengat, Pasar Kota Lama, dan perumahan penduduk. 

Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah mengatakan sudah membuat skate gambar wajah kota dari pesisir tersebut sudah sejak tahun 2014.

Kata Lis, pada tahun 2013 sudah ada dua perusahaan ingin menjadi investor untuk pembangunan kawasan pesisir di area Tepi Laut Kota Tanjungpinang, sayangnya Lis menolak.

"Kekayaan Tanjungpinang itu tepi laut, itu yang bisa kita jual, siapa yang mengelola, swasta boleh, tapi jangan dikasikan semuanya kepada swasta, itu gak boleh, itu yang saya gak mau," kata Lis.

Menyambung rencana mempercantik wajah kota, Sekretaris Daerah Kota Tanjungpinang, Riono menjelaskan konsep terebut baru saja dibahas Pemko Tanjungpinang.

Konsep mempercantik wajah Kota Lama dan sejumlah area penduduk pemukiman pesisir di kawasan tepi laut Tanjungpinang itu disebut Merdeka Night Club.

"Kita baru sekali rapat, rapat internal dulu nanti ada konsepnya, kalau konsep Merdeka Night Club itu oke, nanti kita panggil masyarakatnya, kalau masyarakat sudah oke, baru jalan," kata Riono.

Dia mengatakan, Pemerintah Kota Tanjungpinang berusaha untuk menghidupkan pasar kota dengan cara memberdayakan masyarakat dengan berdagang lebih moderen. Menghidupkan kembali pasar kota lama yang saat ini semakin sepi.

"Jadi saya sudah bikin perencanaannya pakai grobak dorong. Saran dari pak wali pakai kaisar di modifikasi, bisa buka kanan dan tidak repot mau letak dimana," katanya.

Untuk pengelolaan Merdeka Night Club, kata mantan Kadispora Provinsi Kepulauan Riau ini, akan direncanakan melalaui BUMD atau pun Organisasi Kepemudaan.

"Yang penting bertanggung jawab dan benar benar memberikan kontribusi untuk PAD Tanjungpinang," ujarnya.

Dalam perencanan internal Kota Tanjungpinang sendiri, Riono menjelaskan lokasi Merdeka Night Club tersebut berada disepanjang Jalan Merdeka sampai dengan Jalan Tengku Umar, dengan lokasi parkir yang tertata.

"Lokasi parkir kita letak dari Polsek Tanjungpinang kota lurus kedepan," katanya.

Tidak hanya perbaikan wajah kota lama, Sekda Tanjungpinang Riono juga mengatakan, Pemko Tanjungpinang dalam perencanaannya berencana mewarnai sejumlah rumah pesisir di pesisir tepi laut, hingga teluk kriting dan puncak Kota Tanjungpinang.

"Mengikuti seperti Berazil, untuk menghilangkan kesan kumuhlah intinya," ujarnya.

Sejauh ini perencanaan tersebut menunggu rapat lanjutan. Riono mengatakan kendala yang tengah dihadapi dalam persoalan anggaran yang digunakan untuk mempercantik Wajah Kota.

Pemko Tanjungpinang akan menggunakan dana CSR dari setiap prusahaan yang ada di Kota Tanjungpinang atau APBD Kepri

"Kalau untuk rumah, kita harus matangkan, apakah dari APBD anggarannya, nanti kita dudukkan kembali dengan stakeholder yang ada," tukasnya.(Antara)

Editor: Evy R. Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE