Tanjungpinang Gelar Program Fasilitasi Insan Kreatif Muda

id Tanjungpinang,Gelar,Fasilitasi,Insan,Kreatif,Muda,2017

Tanjungpinang Gelar Program Fasilitasi Insan Kreatif Muda

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Tanjungpinang Agung Surya Hatta (antarakepri.com/Aji Anugraha)

Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, konsep dan pengembangan ekonomi kreatif untuk pelaku ekraf terutama untuk mereka yang baru merintis, dan itu insan muda
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tanjungpinang berencana menggelar program Fasilitasi Insan Kreatif Muda 2017, setelah sebelumnya sukses menggelar kegiatan Musikalitas Senandung Anak Negeri.

Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Disbudpar Tanjungpinang Agung Surya Hatta di Tanjungpinang, Kamis mengatakan, program tersebut dilaksanakan bekerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) RI, program meliputi diskusi panel dengan para pelaku ekonomi kreatif di Kota Tanjungpinang.

"Tujuannya untuk memberikan pengetahuan, konsep dan pengembangan ekonomi kreatif untuk pelaku ekraf terutama untuk mereka yang baru merintis, dan itu insan muda," katanya.  

Selain itu, kata Agung, kegiatan tersebut merupakan sarana untuk memfasilitasi pelaku ekonomi kreatif agar memiliki usaha yang berbadan hukum. Dalam kegiatan tersebut akan diisi oleh pemateri dari Bekraf.

"Pemateri akan didatangkan dari Bekraf untuk menjelaskan bagaimana konsep pengembangan ekonomi kreatif, mengusahakan pembentukan badan hukum suatu usaha kreatif," ujarnya.

Dia mengatakan, sejauh ini Disbudpar Bidang Ekraf masih terkendala dalam pendataan komunitas pelaku ekonomi kreatif di Tanjungpinang. Untuk itu, dalam program tersebut sekaligus merumuskan untuk memberikan pemahaman mengenai cara membentuk komunitas yang berbadan hukum.

"Seperti komunitas musisi, dan wadah tempat pemuda kreatif tidak ada di yang berbadan hukum di Kota Tanjungpinang, dan dalam program ini nantinya akan dibentuk wadah tersebut," katanya.

Dia juga mengatakan sejauh ini sebanyak 100 peserta dipastikan akan mengikuti program kegiatan Fasilitasi Insan Kreatif Muda tersebut.

Tidak hanya program tersebut, Disbudpar Bidang Ekonomi Kreatif juga mendapatkan bantuan dari Bekraf senilai Rp6 miliar untuk pembangunan infrastruktur di sejumlah lokasi.

Pembangunan meliputi renovasi Gedung Aisyah Sulaiman, panggung kesenian di Kelurahan Tanjungpinang Barat, panggung Kesenian di Kelurahan Pinang Kencana, pembangunan prasarana klinik bisnis di Disperindag, dan panggung kesenian di Kecamatan Bukit Bestari.

"Ada juga bantuan dari Angkasa Pura II Tanjungpinang, ini semua demi memajukan pelaku kreatif di Tanjungpinang," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE