KPU Lingga Kenalkan Rumah Pintar Pemilih ke Pelajar

id KPU,Lingga,Kenalkan,Rumah,Pintar,Pemilih,ke,Pelajar

KPU Lingga Kenalkan Rumah Pintar Pemilih ke Pelajar

Sejumlah pelajar dari SMAN 1 Lingga berfoto bersama komisioner KPU Lingga, di dalam Rumah Pintar Pemilih, Kantor KPU Lingga, Jum'at. (Antarakepri/Ardhi)

Ini merupakan program KPU pusat, yang ditujukan sebagai wadah bagi para calon pemilih mengenal lebih dalam tentang apa itu pemilihan umum
Lingga (Antara Kepri) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Lingga kenalkan Rumah Pintar Pemilih (RPP) kepada para pelajar, sebagai wadah bagi calon pemilih mengenal lebih dalam hal-hal mengenai kepemiluan.

Julianti, Komisioner KPU Lingga divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat mengatakan, RPP tersebut didirikan awal tahun 2017 lalu dan mulai efektif beroperasi pada bulan April.

"Ini merupakan program KPU pusat, yang ditujukan sebagai wadah bagi para calon pemilih mengenal lebih dalam tentang apa itu pemilihan umum," kata dia, disela-sela menemani sejumlah pelajar SMA Negeri 1 Lingga yang melakukan kunjungan ke RPP, Jum'at.

Menurutnya, wadah ini cukup efektif untuk pelajar sekolah menengah yang ingin mengenal apa itu pemilu dan lebih memahami tata cara kepemiluan di Indonesia.

"Mereka (pelajar SMA) memang menjadi target dari program ini. Karena beberapa saat lagi mereka akan menghadapi pimilu pertamanya," ujar Juli.

Namun, lanjutnya, secara umum RPP disajikan untuk seluruh masyarakat yang membutuhkan pengetahuan tentang penyelenggaraan Pemilu.

"Siapapun boleh mengunjungi RPP. Mulai dari pra pemula hingga lembaga-lembaga organiasisi kemasyarakatan silahkan berkunjung. Kami siap melayani," tuturnya.

KPU sendiri, tambahnya, juga akan jemput bola dalam memaksimalkan peran rumah pintar pemilih tersebut.

"Kami juga jemput bola, dengan mengundang pelajar sekolah, majelis taklim, LSM, komunitas dan organiasasi yang ada di Kabupaten Lingga. Setelah pelajar SMA 1 Lingga ini, akan dilanjutkan pelajar SMK minggu berikutnya," ungkapnya lagi.

Dia berharap, keberadaan RPP dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat Kabupaten Lingga, terutama pelajar yang tidak lama lagi menjadi pemilih pemula.

"Jadi jagan mereka datang ke TPS, nyoblos, lalu pulang begitu saja tanpa memahami makna dari suara yang mereka berikan," tutupnya.

Untuk diketahui, Rumah Pintar Pemilih berada di dalam kantor KPU Kabupaten Lingga. Ruangannya dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti buku panduan pemilu, ruang konfrensi, poster-poster, infografis mengenai sejarah penyelenggaraan pemilu di Kabupaten Lingga.

Bagi para pemilih pemula, KPU Lingga juga memberikan simulasi tentang tata cara seorang pemilih menggunakan hak suaranya saat penyelenggaraan pemilu.

RPP juga terbuka untuk partai politik. Rekam data penyelenggaraan pemilu periode-periode sebelumnya terpajang pada dinding informasi RPP ini bersama sejumlah informasi mengenai sejarah pemilu, para peserta pemilu, dan data statistik tiga besar partai pemenang pemilu. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE