Bupati Karimun: Masyarakat Jangan Takut Kehabisan Garam

id Bupati,Karimun,Masyarakat,Jangan,Takut,Kehabisan,Garam

Kemarin sudah ada laporan dari para distributor. Mereka juga telah mengambil dan memesan dari Jakarta
Karimun (Antara Kepri) - Bupati Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, Aunur Rafiq mengimbau masyarakatnya jangan terlalu khawatir akan kehabisan stok garam di pasar.

"Saya minta kepada masyarakat jangan terlalu khawatir, sebab distributor sudah memasok garam untuk konsumsi masyarakat," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq di Karimun, Senin.

Bupati mengatakan para distributor sembako telah mengatasi stok garam yang mulai menipis, sehingga ketersediaan komoditas tersebut  untuk wilayah kabupaten maritim ini cukup untuk beberapa bulan ke depan.

"Kemarin sudah ada laporan dari para distributor. Mereka juga telah mengambil dan memesan dari Jakarta," katanya.

Ia menegaskan ketersediaan komoditas tersebut cukup untuk seluruh masyarakat Kabupaten Karimun.

Meskipun demikian, dia juga mengingatkan kepada distributor dan pengecer untuk tidak menimbun atau menaikkan harga dengan memanfaatkan isu kelangkaan garam.

"Memang belum mengkhawatirkan, namun jangan sampai terlalu lama. Oleh karena itu saya mengharapkan kepada distributor untuk sesegera mungkin penyediaan garam ini dapat segera teratasi," katanya.

Kondisi persediaan garam di Karimun, menurut dia, memang belum dilaporkan ke pemerintah provinsi, sebab, ketersediaan garam masih cukup meskipun dalam jumlah yang terbatas.

"Kekhawatiran ini, saya minta kepada teman-teman media ini jangan di-'blow up' sehingga terjadi kepanikan," katanya.

Menurutnya jika ini dilakukan, maka menambah kepanikan di tengah-tengah masyarakat, sehingga masyarakat nantinya akan membeli garam dalam jumlah yang banyak.

"Yang membuat kepanikan itulah yang membuat stok kita nggak cukup," katanya.

Rafiq mengatakan, krisis garam yang terjadi disebabkan tata niaga garam di Pulau Jawa akibat menurunnya produksi garam di daerah penghasil.

"Daerah produksi garam itu terkena hujan dan lainnya tapi mudah-mudahan minggu ini dapat segera teratasi," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE