Tiga BUMN Bedah Rumah Veteran di Karimun

id BUMN,timah,Bedah,Rumah,Veteran,Karimun

Dirut PT Timah Tbk, BKI dan PT Persero Batam bersama pejabat Kementerian BUMN berbincang dengan Sondang Sijabat, salah satu veteran yang dirumahnya dibedah melalui program "BUMN Hadir untuk Negeri". (antarakepri.com/Rusdianto)

Kalau se-Indonesia sekitar 300-an rumah. Anggarannya tidak dapat kita sebut, tergantung kondisi rumah yang dibedah, ada yang direhab total, dan ada yang hanya pada bagian yang rusak, seperti rumah ini yang direhab mungkin atapnya
Karimun (Antara Kepri) - Tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Timah Tbk, Badan Klasifikasi Indonesia (BKI) dan PT Persero Batam merehabilitasi atau bedah rumah veteran di Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, sebagai bagian dari program "BUMN Hadir untuk Negeri".

Salah satu rumah yang dibedah adalah rumah salah seorang veteran pembela kemerdekaan Sondang Sijabat di Kelurahan Baran Timur, Kecamatan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

"Bedah rumah merupakan bagian dari program 'BUMN Hadir untuk Negeri' yang digelar setiap tahun. Kegiatan lainnya program Siswa Mengenal Nusantara. Jadi, seluruh perusahaan BUMN, melalui program CSR (corporate social responsibility) berpartisipasi dan dibagi-bagi, ada yang di Provinsi Kepri, dan provinsi-provinsi lain," kata pejabat Kementerian BUMN, Fajar saat meninjau rumah veteran Sondang Sijabat.

Fajar menjelaskan, bedah rumah merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan milik negara kepada para pejuang dan pembela kemerdekaan.

Momentum Hari Ulang Tahun Kemerdekaan yang ke-72 sangat tepat bagi BUMN untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, tidak terkecuali kepada para veteran yang telah berjasa bagi bangsa dan negara.

Dijelaskannya, jumlah rumah veteran yang dibedah di Kabupaten Karimun sebanyak 8 unit, empat unit di Pulau Karimun Besar, sisanya empat unit di Pulau Kundur.

Sedangkan di kabupaten/kota lain di Kepri, rumah veteran yang dibedah antara lain di Kota Batam dan Kota Tanjungpinang.

"Kalau se-Indonesia sekitar 300-an rumah. Anggarannya tidak dapat kita sebut, tergantung kondisi rumah yang dibedah, ada yang direhab total, dan ada yang hanya pada bagian yang rusak, seperti rumah ini yang direhab mungkin atapnya," kata dia.

Di tempat yang sama, Dirut PT Timah Tbk Mochtar Riza Fahlevi Tabrani mengatakan PT Timah yang memiliki unit usaha di Prayun, Kundur, Karimun, menyisihkan dana CSR untuk bedah rumah para veteran.

"Dana untuk bedah rumah disisihkan, berkisar 20 juta-an, tergantung kondisi rumah," kata Riza.

Dia mengatakan, bedah rumah tersebut diharapkan dapat membantu para veteran sehingga memiliki rumah yang layak.

Sebagai generasi bangsa, dan sekaligus perusahaan milik negara, PT Timah ingin membantu para veteran yang telah berjasa memperjuangkan, merebut dan membela kemerdekaan.

"Ada tiga BUMN yang terlibat, kami dari PT Timah, BKI dan PT Persero Batam," kata dia.

Selain bedah rumah veteran, program lain yang dilaksanakan di Karimun, antara lain jalan santai dan senam sehat bersama ribuan warga Karimun yang telah dilaksanakan di Coastal Area, Minggu lalu.

Direktur Utama PT Persero Batam Tengku Afrizam menambahkan, program "BUMN Hadir untuk Negeri" merupakan wujud sumbangsih BUMN kepada masyarakat dan negara, tidak terkecuali para veteran perang.

"Tahun ini, PT Persero Batam dapat giliran untuk mengikuti program ini, di Kepri, termasuk Karimun, salah satunya bedah rumah veteran ini," kata Tengku Afrizam.

Sementara itu, veteran Sondang Sijabat sangat bersyukur dan berterima kasih dengan program bedah rumah tiga BUMN.

"Dulu rumah ini pernah disurvei untuk direhab, kalau tidak salah melalui PNPM Mandiri, tapi belum terlaksana. Dan saya agak terkejut setelah PT Timah mengutus pegawainya untuk melihat rumah kami ini," kata Sondang yang mengaku veteran pembela kemerdekaan, dan pernah bertugas di Pulau Jemur. (Antara)

Editor: Ridwan Chaidir
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar