Drama Sultan Mahmud Tampil di Apel HUT RI

id Drama,Sultan,Mahmud,Tampil,di,Apel,HUT,RI

Drama Sultan Mahmud Tampil di Apel HUT RI

Salah satu adegan pertempuran pasukan Sultan Mahmud Riayat Syah III melawan penjajah yang ditampilkan para pemain sosial drama ditengah agenda apel peringatan HUT RI ke-72 di Kabupaten Lingga, Kamis (17/8). (Antarakepri/Ardhi)

Hal ini merupakan suasana baru. Sesuai dengan tekat kita menyemat gelar pahlawan nasional kepada sang gerilyawan laut, Sultan Mahmud
Lingga (Antara Kepri) - Sosial drama tentang perjuangan Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) mengusir penjajah ditampilkan saat apel peringatan HUT RI ke 72 tahun 2017, di Daik Kabupaten Lingga.

Drama persembahan dari Lanal Dabosingkep itu mengisahkan secara singkat riwayat perjuangan sang sultan dan kejeniusannya mengatur strategi perang gerilya laut melawan armada perang penjajah saat itu.

Bupati Lingga Alias Wello selaku inspektur upacara perigatan HUT RI ke 72 di ibukota Kabupaten Lingga, Kamis (17/8), mengapresiasi kreatifitas para seniman muda dibawah binaan Lanal Dabosingkep tersebut yang berhasil mencuri perhatian seluruh peserta apel.

"Hal ini merupakan suasana baru. Sesuai dengan tekat kita menyemat gelar pahlawan nasional kepada sang gerilyawan laut, Sultan Mahmud," kata dia, usai memimpin apel tersebut.

Saat ini perjuangan pemerintah daerah mengusulkan pemberian gelar pahlawan nasional untuk SMRS tinggal selangkah lagi, menunggu keputusan dari Presiden RI Joko Widodo.

Dalam proses penilaian terakhir yang dilakukan Tim Pengkaji dan Penilai Gelar Pusat (TP2GP) sekitar awal bulan Agustus 2017 lalu, SMRS dinyatakan lolos penilaian sebagai pahlawan nasional.

"Kita berharap sosiodrama ini memiliki nilai kejuangan yang ada relevansinya terhadap dukungan usulan gelar pahlawan itu. Seperti yang kita ketahui bersama, Sultan menjadi salah satu sosok pahlawan yang diusulkan TP2GP ke Presiden untuk ditetapkan sebagai pahlawan," ujarnya.

Dia berharap usulan gelar pahlawan nasional untuk tokoh pejuang kebanggaan masyarakat Kepri khususnya Kabupaten Lingga ini, juga disetujui presiden.

"Kita akan terus berjuang bersama. Insya Allah Sultan Mahmud mendapatkan gelar pahlawan nasional," tutupnya.

Pantauan Antara, apel peringatan HUT RI ke-72 yang di gelar pemerintah Kabupaten Lingga di lapangan sepakbola Sultan Mahmud Daik, berlangsung hikmat. Ketua DPRD, Drs Riono, bertindak sebagai pembaca naskah proklamasi.

Kegiatan apel yang diikuti berbagai organisasi itu, turut dihadiri para tamu undangan seperti peteran pejuang kemerdekaan, jajaran instansi vertikal, tokoh agama dan tokoh masyarakat kabupaten setempat. (Antara)

Editor: Evy R Syamsir

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE