Apindo: Berdayakan Pengusaha Lokal Bangun Kota Baru

id Apindo,Berdayakan,Pengusaha,Lokal,Bangun,coastal,area,karimun,Kota,Baru

Apindo: Berdayakan Pengusaha Lokal Bangun Kota Baru

Ketua Apindo Karimun Alex Ng (antarakepri.com/Istimewa)

Yang penting pengusaha lokal bisa bersaing dan berkompetisi dengan pengusaha dari daerah lain, di kota baru itu
Karimun (Antara Kepri) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, mengharapkan  pengusaha lokal diberdayakan dalam pembangunan kota baru di Tanjung Balai Karimun.

"Bersinergi dengan pengusaha lokal, sehingga pembangunan kota baru itu memberikan dampak positif bagi dunia usaha dan perekonomian daerah," kata Ketua Apindo Karimun Alex Ng di Tanjung Balai Karimun, Jumat.

Alex mengatakan, Apindo Karimun menyambut positif rencana pembangunan kota baru Coastal Area oleh anak perusahaan Panbil Group, PT Jaya Annurya Karimun dengan nilai investasi tahap awal sekitar Rp1,5 triliun.

Pembangunan kota baru tersebut akan membuka peluang-peluang usaha baru yang semestinya dapat digarap pengusaha lokal, tidak terkecuali pelaku usaha mikri, kecil, dan menengah (UMKM).

"Yang penting pengusaha lokal bisa bersaing dan berkompetisi dengan pengusaha dari daerah lain, di kota baru itu," kata dia.

Pembangunan kota baru tersebut juga memberikan dampak positif bagi dunia kerja di Karimun. Dia berharap, pemerintah daerah dapat mempersiapkan tenaga kerja yang nantinya dapat bekerja di kawasan pesisir itu.

"Komitmen Panbil mempekerjakan tenaga lokal sebesar 70 persen sangat baik. Dan itu sejalan dengan harapan kita dalam mengurangi angka pengangguran," tuturnya.

Bupati, kata dia, harus bekerja ekstra mempersiapkan tenaga kerja yang siap pakai mulai dari sekarang, sehingga peluang kerja di kawasan itu tidak direbut tenaga kerja dari daerah lain.

"Dalam dua tahun ke depan, saya fikir bupati sudah harus mempersiapkan sejak dini," ujarnya.

Diketahui, PT Jaya Annurya Karimun bersama induk perusahaan Panbil Group telah menggelar syukuran tanda dimulainya pembangunan kota baru "Coastal Area" pekan lalu.

Komisaris Utama Panbil Group Johanes Kennedy mengatakan, pembangunan kota baru tahap awal direncanakan selesai dalam dua tahun, meliputi pembangunan pelabuhan feri modern, hotel berbintang dan pusat perbelanjaan.

Johanes Kennedy dalam kesempatan itu mengatakan, pihaknya mendatangkan konsultan berkelas dunia dari Amerika, Icom untuk pembangunan pusat perbelanjaan, dan konsultan dari Belanda, Royal Hastone untuk kegiatan reklamasi pada lahan yang tahap awal, dialokasikan sekitar 15 hektare dari total lahan seluas 95 hektare.

"Kami berkomitmen untuk mempekerjakan tenaga kerja lokal, 70 persen untuk lokal. Dan pelaku usaha kecil akan kami tata pada tempat yang disediakan," kata dia. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE