Kepolisian Kerahkan 295 Personel Pengamanan Idul Adha

id Kepolisian,Personel,Pengamanan,karimun,Idul,Adha

Kepolisian Kerahkan 295 Personel Pengamanan Idul Adha

Kapolres Karimun memberikan pengarahan kepada personel gabungan yang terlibat dalam pengamanan Hari Raya Idul Adha, Kamis (31/8). (antarakepri.com/Nursali)

Memang Idul Adha tidak seramai Idul Fitri, tapi sudah menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan pengamanan dan memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi warga
Karimun (Antara Kepri) - Kepolisian Resor Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, mengerahkan 295 personel gabungan untuk menjaga keamanan perayaan Idul Adha 1438 H.

"Personel sebanyak itu terdiri atas Polri, TNI AL, TNI AD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Bea Cukai, KSOP dan instansi terkait lain," kata Kapolres Karimun AKBP Agus Fajaruddin usai apel bersama pengamanan Idul Adha di Mapolres Karimun, Kamis sore.

Agus Fajaruddin menjelaskan, personel sebanyak itu bertugas secara tim dan terjadwal dengan mengamankan sejumlah kegiatan umat Islam, mulai dari malam takbiran, shalat id dan penyembelihan hewan kurban.

Menurut dia, sejumlah kawasan dan obyek-obyek vital akan menjadi target pengamanan, mulai rumah ibadah, pelabuhan, pusat kegiatan malam takbiran dan termasuk rumah dinas bupati, wakil bupati dan ketua DPRD setempat.

Setiap instansi yang terlibat dia minta saling koordinasi dan menjalankan tugas sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

"Memang Idul Adha tidak seramai Idul Fitri, tapi sudah menjadi tanggung jawab kami untuk melakukan pengamanan dan memberikan kenyamanan dan kelancaran bagi warga," kata dia.

Dia juga meminta personel gabungan meningkatkan pengawasan terhadap lalu lintas penumpang, dan memastikan kelancaran arus penumpang.

"Pelabuhan kami perhatikan karena kebetulan Sabtu hari libur, dan diperkirakan akan banyak warga yang bepergian. Kami juga minta petugas memastikan keselamatan pelayaran, seperti jaket keselamatan yang tersedia bagi penumpang," katanya.

Obyek-obyek wisata, kata dia, juga akan menjadi sasaran pengamanan, namun personel yang ditugaskan disebar dan digilir sehingga tidak semuanya harus turun bersamaan.

"Kami juga meminta kepada warga silakan beraktivitas di Hari Raya Idul Adha, kami siap melakukan pengamanan," kata dia.

Di tempat yang sama, Dandim 0317/Karimun Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa mengatakan, sebanyak 200 personel di Kodim dan Kompi Senapan B Yonif 134/Tuah Sakti dilibatkan dalam pengamanan Idul Adha.

"Semuanya kita libatkan, tapi tidak semunya turun. Sebagian kita siagakan sebagai personel cadangan yang siap turun jika dibutuhkan," kata dia.

Apel bersama pengamanan Idul Adha dipimpin Dandim 0317 Karimun Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa, dihadiri pula Danlanal Karimun Letkol Laut (P) Totok Irianto, serta seluruh personel lintas instansi yang terlibat dalam pengamanan perayaan Idul Adha 1438 H. (Antara)

Editor: A Jo Seng Bie

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE