Jaksa Masuk Sekolah Diharapkan Tingkatkan Kesadaran Hukum

id Kejaksaan Negeri Lingga, Jaksa Masuk Sekolah, Tingkatkan, Kesadaran, Hukum

Pendidikan hukum ini untuk meningkatkan kesadaran hukum, sekaligus mencegah terjadinya kenakalan remaja di era globalisasi ini
Lingga (Antara Kepri) - Program Jaksa Masuk Sekolah yang diselenggarakan Kejaksaan Negeri Kabupaten Lingga diharapkan mampu meningkatkan kesadaran hukum para pelajar.
    
Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Lingga, Evan Apturedi, yang dihubungi Antara di Tanjungpinang, Selasa, mengatakan program Jaksa Masuk Sekolah dilaksanakan untuk menekan jumlah kenakalan remaja.
    
"Pendidikan hukum ini untuk meningkatkan kesadaran hukum, sekaligus mencegah terjadinya kenakalan remaja di era globalisasi ini," ujarnya.
    
Evan menjelaskan kesadaran hukum diharapkan dapat menekan angka pengguna narkoba, perkelahian, pelecehan seksual, dan penyalahgunaan media sosial. Selain itu, dalam program Jaksa Masuk Sekolah juga diberi pemahaman kepada pelajar tentang bahaya laten korupsi.
    
"Kegiatan Jaksa Masuk Sekolah kami yang isi dengan menyosialisasikan peraturan tentang narkoba, tindak kekerasan dan tindak pidana korupsi," ucapnya. 
    
Sosialisasi ini rencananya akan terus berlanjut ke sekolah lainnya di Kabupaten Lingga, khususnya SMA. Untuk kegiatan Sosialisasi di SMA Negeri 1 Singkep Barat sendiri, kegiatan yang dimulai sejak pagi pukul 09.00-12.00 Wib tersebut diikuti lebih dari 50 orang pelajar dari Kelas XI dan XII.
    
Kegiatan tersebut dilaksanakan sesuai dengan instruksi dari Kejaksaan Agung Republik Indonesia, untuk memberikan pemahaman hukum kepada masyarakat mulai dari usia remaja hingga masyakat umum.
    
"Anak-anak sangat antusiasme tadi mengikuti kegiatan kami. Kamis mendatang akan dilanjutkan," tuturnya.
    
Beberapa hari mendatang program jaksa masuk sekolah akan dijawalkan di Dabo Singkep, khususnya di SMA Negeri 1 Singkep. "Minggu depannya lagi akan kita laksanakan di tingkat SMP," terangnya.
    
Materi kegiatan ini sudah disusun sedemikian rupa, dengan tujuan untuk memberikan kesadaran hukum kepada siswa-siswi disekolah. "Dengan menanamkan nilai-nilai kejujuran diharapkan para siswa ini akan menjadi generasi penerus yg handal dan berintegritas," terang Evan.
    
Selain pengenalan tentang hukum pemateri pada kegiatan ini juga memperkenalkan lembaga Adhyaksa ini, kepada siswa-siswi Sekolah yang bertujuan untuk mengenal lebih dekat tentang lembaga kejaksaan dan memberikan motivasi untuk mengabdi di lembaga hukum negara.(Antara)

Editor: Niko

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE