Gubernur: Belum Ada Kesepakatan Tertulis Cawagub Kepri

id Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun, belum ada, kesepakatan tertulis, lima partai pengusung, terhadap, dua, calon wakil gubernur, diajukan

Gubernur: Belum Ada Kesepakatan Tertulis Cawagub Kepri

Ketua Panitia Pemilih Wagub Kepri, Hotman Hutapea saat diwawancarai sejumlah jurnalis terkait proses verifikasi cawagub, di Kantor DPRD Kepri, Jumat (15/9) (Niko)

Saya tidak mau politisir, apa yang ada, saya sampaikan
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun mengatakan belum ada kesepakatan tertulis yang diberikan lima partai pengusung terhadap dua calon wakil gubernur (cawagub) yang telah diajukan.

"Saya tidak mau politisir, apa yang ada, saya sampaikan," ujarnya di halaman DPRD Kepri, Jumat, seusai rapat paripurna penyampaian nota keuangan Ranperda APBD Perubahan tahun 2017.

Pernyataan Gubernur Nurdin itu sontak membuat sejumlah jurnalis yang mewawancarainya kaget, karena proses pemilihan Wagub Kepri sudah memasuki tahapan pemeriksaan berkas persyaratan dua orang cawagub, Isdianto dan Agus Wibowo.

Nurdin menegaskan belum ada berita acara terkait penetapan Isdianto dan Agus Wibowo sebagai cawagub. Padahal tata tertib pemilihan mengatur tentang persyaratan pencalonan, salah satunya rekomendasi terhadap cawagub harus dibuktikan melalui berita acara yang memuat fakta bahwa seluruh partai pengusung menyetujuinya.

"Kemarin saya didesak-desak untuk mengusulkan cawagub. Saya antar dua nama ke DPRD Kepri, kemudian dikembalikan, diperbaiki lagi persyaratannya," ujarnya, yang juga Ketua Nasdem Kepri.

Penetapan Isdianto dan Agus Wibowo sebagai cawagub dari hasil pertemuan gubernur di salah satu restoran di Batam pada 27 Desember 2016. Pertemuan itu dihadiri seluruh pengurus partai pengusung yakni Demokrat, PKB, PPP, Gerindra dan Nasdem.

Pertemuan itu menimbulkan berbagai spekulasi, apakah benar membahas dan menetapkan dua cawagub atau hanya makan malam.

Pernyataan Gubernur Nurdin Basirun itu bertentangan dengan Sekretaris DPD Partai Demokrat Kepri Husnizar Hood. Menurut Husnizar, pertemuan itu berjalan mulus, membuahkan kesepakatan untuk merekomendasikan Isdianto dan Agus Wibowo sebagai cawagub.

Asisten I Pemprov Kepri Raja Ariza turut hadir dalam pertemuan itu. Ariza menjadi notulen dalam pembahasan cawagub.

"Berita acaranya ada sama Raja Ariza saat itu. Belakangan, katanya hilang," ujarnya.

Isdianto dan Agus Wibowo, cawagub yang lahir dari keinginan Partai Demokrat. Sementara Nasdem menginginkan Isdianto dan Rini Fitrianti sebagai cawagub.

Gerindra mengusulkan Isdianto dan Fauzi Bahar, sedangkan PPP merekomendasikan tiga nama yakni Isdianto, Mustafa Widjaja dan Fauzi Bahar.    
Sementara PKB yang mengusulkan Isdianto dan Mustafa Widjaja sempat menggugat usulan Gubernur Nurdin kepada DPRD Kepri. Namun gugatan ditolak majelis hakim PTUN Tanjungpinang.  
   
Ketua Panitia Pemilih Wagub Kepri Hotman Hutapea mengatakan pihaknya tidak ingin mengetahui proses penetapan Isdianto dan Agus Wibowo sebagai cawagub.

"Kami hanya menerima usulan cawagub yang disampaikan gubernur dari pimpinan DPRD Kepri. Saat ini sudah memasuki verifikasi berkas persyaratan cawagub," katanya, yang juga Ketua Komisi II DPRD Kepri dari Fraksi Demokrat.(Antara)

Editor: Santoso 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE