KEK Batam Masih Dirancang Pemerintah Pusat

id Rencana pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam, hingga saat ini, masih, berstatus, dalam, rancangan, pemerintah pusat

KEK Batam Masih Dirancang Pemerintah Pusat

Sekretaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Enoh Suharto Pranoto (Danna Tampi)

Untuk Batam belum, namun di Provinsi Kepri akan segera hadir Kawasan Ekonomi Khusus yang baru di Bintan
Batam (Antara Kepri) - Rencana pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Batam hingga saat ini masih berstatus dalam rancangan pemerintah pusat.

"Untuk Batam belum, namun di Provinsi Kepri akan segera hadir Kawasan Ekonomi Khusus yang baru di Bintan," kata Sekertaris Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus, Enoh Suharto Pranoto.

Enoh menjelaskan terhambatnya penetapan status KEK di Batam akibat kewenangan pengelolaan yang masih menjadi perebutan antara pemerintah kota dan Badan Pengusahaan (BP) Batam.

"Untuk rinciannya saya tidak memiliki wewenang menjelaskan, namun hal tersebut tengah digodok Ketua Dewan Kawasan, Darmin Nasution," kata dia saat gelar Sosialisasi dan Konsultasi Kebijakan Percepatan Pelaksanaan Berusaha di Batam.

Sementara itu, rencana KEK Bintan di Galang Batang, yang ditargetkan beroperasi pada tahun 2017 ini diharapkan dapat membantu Kepulauan Riau dalam mendongkrak sektor perekonomian, di saat lesunya investasi di Batam akibat regulasi yang saat ini masih mengambang.

"KEK di Bintan yang diusung oleh PT Bintan Alumina Indonesia diatas lahan seluas 2.300 hektar ini akan bergerak pada Industri Alumina dan akan siap beroperasi pada tahun ini," kata dia.

Enoh menambahkan, saat ini dari empat Kawasan Ekonomi Khusus di Pulau Sumatera hanya satu yang resmi beroperasi.

"Yang baru resmi beroperasi yaitu KEK Sei Mangke Sumatera Utara. Kita himbau kepada para pengusung KEK agar segera dipercepat proses pembangunan dan menentukan kelembagaan PTSP-nya," ungkapnya.(Antara)

Editor: Niko

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE