Debarkasi Batam Selesaikan Pemulangan Jamaah Haji

id Debarkasi,Batam,Selesaikan,Pemulangan,Jamaah,hang,nadim,Haji

Ini sebuah pencapaian yang bagus bagi kami. Karena selama beberapa tahun terakhir kami juga dinobatkan sebagai penyelenggara terbaik
Batam (Antara Kepri) - Manajemen Badan Usaha Bandara Udara (BUBU) Hang Nadim Batam menyatakan sudah menyelesaikan layanan penerbangan jamaah haji debarkasi Batam 2017 dengan kembalinya ke tanah air menggunakan 27 kali penerbangan.

"Alhamdulillah semua sudah kembali ke Indonesia. Pesawat terakhir tiba di Hang Nadim Batam Rabu (4/10) malam," kata General Manager Operasional BUBU Hang Nadim Batam, Suwarso di Batam, Kamis.

Ia mengatakan, jumlah jamaah yang kembali menggunakan 27 penerbangan Pesawat Saudi Arabian Airlines Boeing 737-400 tersebut berjumlah 11.879 orang terdiri dari 5.326 laki-laki dan 6.553 perempuan.

"Berdasarkan laporan yang masuk, sebanyak dua penerbangan mendarat di Hang Nadim sesuai jadwal, 21 kali lebih awal dari jadwal dan hanya epat kali yang delay. Jadi secara umum berjalan dengan lancar ," kata dia.

Suwarso mengatakan selama musim haji tidak ada kendala-kendala berarti yang mengganggu jadwal penerbangan sejak mulai keberangkatan calon haji hingga sampai kembali lagi ke Indonesia.

"Ini sebuah pencapaian yang bagus bagi kami. Karena selama beberapa tahun terakhir kami juga dinobatkan sebagai penyelenggara terbaik," kata Suwarso.

Jamaah yang diterbangkan dari Bandara Internasional Hang Nadim Batam berasal dari empat provinsi yaitu Kepri (seluruh wilayah, Jambi, Riau, dan Kalimantan Barat (sebagian wilayah).

Untuk yang berasal dari Kalimantan Barat, Jambi, Natuna (Provinsi Kepri) untuk bisa sampai ke Batam harus mnggunakan penerbangan dari daerah asal.

Namun untuk Riau, Lingga, Anambas, Bintan, Tanjungpnang menggunakan kapal laut untuk menuju Asrama Haji Batam dan diterbangkan ke tanah suci melalui Bandara Internasional Hang Nadim.

Bandara Internasional Hang Nadim Batam merupakan fasilitas milik BP Batam yang dibangun sejak periode 1980 saat Otorita Batam (kini BP Batam) dipimpin Presiden RI ketiga BJ Habibie dan melayani penerbangan haji sejak 2006. (Antara)

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar