Investor Kairo Tertarik Berinvestasi di Karimun

id Investor,Kairo,Tertarik,mesir,dwi,ria,latifa,investasi,Karimun

Jadi, di sana digelar acara Indonesian Ekspo, di sana Pemerintah Kabupaten Karimun memaparkan secara singkat geografis Kabupaten Karimun dan peluang apa saja yang ada di Karimun
Karimun (Antara Kepri) - Anggota DPR RI daerah pemilihan Provinsi Kepulauan Riau Dwi Ria Latifa mengatakan beberapa investor asal Kairo, Mesir, tertarik untuk berinvestasi di Kabupaten Karimun.

"Beberapa investor di sana (Kairo) akan menjajaki peluang berinvestasi di Karimun setelah mendengar pemaparan rombongan kesenian yang dipimpin Bupati Karimun beberapa waktu lalu," kata Dwi Ria Latifa dalam kunjungan ke Tanjung Balai Karimun, Karimun, Kepri, Rabu.

Dwi Ria Latifa menjelaskan, ketertarikan investor Mesir merupakan hasil dari kunjungan pertunjukan kesenian Sanggar Angsana dari Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Karimun dalam kegiatan yang difasilitasi Kedutaan Besar Indonesia di Kairo.

"Jadi, di sana digelar acara Indonesian Ekspo, di sana Pemerintah Kabupaten Karimun memaparkan secara singkat geografis Kabupaten Karimun dan peluang apa saja yang ada di Karimun," katanya.

Rencana investasi ini, kata dia, akan dibuktikan dengan kedatangan para Investor asal Kairo bersama Dubes RI di Kairo ke Karimun untuk melihat potensi yang dimiliki kabupaten maritim ini secara langsung.

"Jumlah dan nilai investasinya saya belum tahu, namun yang pasti ada beberapa investor yang akan berinvestasi di Karimun dalam waktu dekat ini," kata Dwi Ria Latifa yang diusung PDI Perjuangan.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau hingga saat ini terus berupaya untuk menarik minat investor berinvestasi di Kepri secara umumnya, baik lewat peluang yang ada, hingga upaya memanjakan para investor melalui pameran seni dan budaya di Kepri ini.

Ia mengharapkan kepada pemerintah daerah setempat juga harus memastikan bahwa wilayahnya harus benar-benar layak dijadikan tempat berinvestasi, baik dari sisi fasilitas, keamanan, kenyamanan, hingga akses dari dan ke Karimun.

"Ya memang tujuan pada akhirnya nanti untuk menarik investor sebanyak-banyaknya ke sini (Karimun)," kata Nurdin Basirun menanggapi Antara usai menyaksikan Festival Dangkong Dance di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun, pekan lalu.

Selain melestarikan budaya asli daerah, melalui pagelaran kesenian seperti ini katanya secara tidak langsung akan menarik perhatian wisatawan lokal hingga Internasional ke Karimun, dengan begitu secara berlahan-lahan kabupaten yang dimaksud juga akan sering dikunjungi oleh wisatawan.

"Lama kelamaan perputaran jual beli di Karimun akan meningkat dan akan dilirik oleh investor," katanya.

Keberhasilan pagelaran seni dalam mengambil perhatian investor, katanya, dibuktikan dengan kehadiran calon Investor dari Singapura bersama dirinya pada acara tersebut.

"Ini adalah sebagai salah satu contoh, bahwa investor pada awalnya datang untuk bersantai-santai menikmati hiburan," katanya.

Namun, katanya lagi, upaya untuk menarik perhatian investor adalah bukan hal yang utama, menurutnya, melestarikan budaya asli Kabupaten setempat adalah hal yang terpenting.

"Tetap melestarikan budaya dan tradisi menjadi nomor satu, jika pun ada investor yang ingin berinvestasi dalam perjalanan, ya sah-sah saja," katanya

Sementara itu, Bupati Karimun Aunur Rafiq mengatakan pemerintah daerah dalam kesempatan ini terus berupaya untuk melestarikan kebudayaan lokal, dengan cara melakukan festival serupa pada tiap tahunnya.

"Dan ini bukan kali pertama kita lakukan, namun sudah 12 kali kita lakukan," kata Bupati Karimun, Aunur Rafiq di coastal Area.

Oleh sebab itu, katanya lagi, pemerintah daerah terus berupaya menjadikan kebudayaan dan tradisi tersebut sebagai suatu destinasi wisata khas Kabupaten maritim ini di mata nasional maupun Internasional.

"Tetap ini akan kami lakukan. Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau juga dalam hal ini mendukung kami, bahkan pemerintah pusat juga sangat mendukung hal seperti ini," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE